ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH

AFRIZAL WAHYU SENTOSA, 175050034 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa, kemudian salah satu aspek afektif yakni self-efficacy dipercaya dapat mensukseskan proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan memfasilitasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dan self-efficacy siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), karena dengan model pembelajaran berbasis masalah siswa berorientasi terhadap masalah nyata (a real world problems) dan dalam tahapan pembelajaran siswa melaporkan hasil kerjanya yang dikerjakan secara berkelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: menganalisis implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk kemampuan literasi matematis; menganalisis implementasi model pembelajaran berbasis masalah untuk self-efficacy siswa sekolah menengah; dan menganalisis kemampuan literasi matematis dan self-efficacy siswa sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan metode dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghimpun literatur yang berkaitan dengan variabel penelitian sebanyak 21 artikel kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan dan memiliki dampak positif terhadap perkembang kemampuan literasi matematis siswa sekolah menengah. 2) Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan dan memiliki dampak positif terhadap perkembangan selfefficacy siswa sekolah menengah, faktor yang dapat mempengaruhi hasil implementasi model pembelajaran berbasis masalah adalah kemampuan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajarannya. 3) Kemampuan literasi matematis dan self-efficacy memiliki hubungan atau korelasi, kemamapuan literasi matematis dapat dipengaruhi oleh tingkat self-effiacy yang dimiliki peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Self-Efficacy, dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:42
Last Modified: 21 Oct 2021 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53224

Actions (login required)

View Item View Item