ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TEXTILE DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) PADA CV. EFATA KNITTING BANDUNG

Ajeng Dea Nuramalia, 172040090 (2021) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TEXTILE DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ (ECONOMIC ORDER QUANTITY) PADA CV. EFATA KNITTING BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

CV. Efata Knitting merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur rajut textile, sebagai produsen tentu perusahaan wajib mengelola dan mengatur bagaimana pengendalian persediaan bahan baku benang agar produksi dapat optimal tetapi biaya yang dikeluarkan juga efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian persediaan bahan baku optimal menggunakan metode perhitungan Economic order quantity (EOQ) pada CV. Efata Knitting. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara terstuktur langsung kepada narasumber, melakukan observasi non-partisipan, untuk pengumpulan data sekunder sendiri yaitu dengan berbagai sumber dari studi kepustakaan. Teknik analisis penelitian ini menggunakan Metode Economic order quantity (EOQ). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian persediaan bahan baku CV. Efata Knitting pada tahun 2020 masih belum mencapai titik optimum, dikarenakan sering kali bahan baku benang tidak memenuhi kebutuhan produksi. Setelah digunakan metode Economic order quantity (EOQ) maka hasil yang didapatkan adalah pembelian dan biaya yang dikeluarkan menjadi berkurang dan optimal, safety stock dan re-order point pun sudah dapat diketahui perusahaan untuk dijadikan patokan pembelian bahan baku kedepannya agar selalu terpenuhi tanpa ada kelebihan ataupun kekurangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Economic order quantity (EOQ) terbukti menurunkan biaya yang dikeluarkan perusahaan perusahaan, serta mendapatkan kuantitas optimal pemesanan bahan baku, dengan menggunakan EOQ juga pemesanan bahan baku menjadi lebih terkontrol karena adanya safety stock serta re-order point. Faktor yang mempengaruhi persediaann bahan baku pda CV. Efata Knitting adalah dikarenakan kuantitas bahan baku, waktu pengiriman bahan baku, permintaan produksi, biaya bahan baku yang naik, pandemi Covid-19. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebaiknya metode economic order quantity menjadi referensi perusahaan untuk kebijakan selanjutnya agar kegiatan produksi menjadi lebih baik, sebaiknya juga perusahaan menghitung safety stock dan re-order point. Kata Kunci : Pengendalian, Persediaan, Economic order quantity (EOQ)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:13
Last Modified: 21 Oct 2021 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53219

Actions (login required)

View Item View Item