PELAKSANAAN PERLINDUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG TERHADAP HAK KONSTITUSIONAL ANAK JALANAN BERDASARKAN PASAL 34 UNDANG-UNDANG DASAR 1945

Deanty Priyanka Putri, 161000155 (2021) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG TERHADAP HAK KONSTITUSIONAL ANAK JALANAN BERDASARKAN PASAL 34 UNDANG-UNDANG DASAR 1945. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Anak jalanan adalah anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mencari nafkah atau berkeliaran di jalanan atau tempat umum lainnya.. Tujuan dari perlindungan terhadap anak adalah untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak terhadap hak untuk hidup yang layak, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan kodrat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan, berakhlak mulia dan sejahtera. Identifikasi masalahnya ialah : Bagaimana peran dan bentuk perlindungan untuk anak jalanan oleh pemerintah dalam melaksanaka Pasal 34 Undang-Undang Dasar 1945? Apa yang menjadi hambatan pemerintah dalam melindungi anak jalanan dihubungkan dengan hak konstitusional Pasal 34 Undang-Undang Dasar 1945? Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam melindungi anak jalanan dihubungkan dengan hak konstitusional Pasal 34 Undang-Undang Dasar 1945? Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis dan metode pendekatan bersifat yuridis-normatif. Tahap penelitian dilakukan dengan dua acara yaitu penelitian kepustakaan dan lapangan, penelitian kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Sedangkan penelitian lapangan yang terdiri dari wawancara untuk memperoleh data yang berssifat primer. Analisis data yang digunakan yaitu yuridis kualitatif Hasil dari penelitian ini adalah setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Hambatan melindungi anak jalanan karena hidupnya sudah bebas, keras, merasa hidupnya sudah tidak terikat oleh orangtua dan dikelilingi oleh orang dewasa yang berperilaku jelek dilingkungan kerja anak tersebut. Penanganan anak jalanan yaitu mencegah dan mengantisipasi meningkatnya komunitas anak jalanan dari eksploitasi pihak-pihak tertentu mendidik komunitas anak jalanan supaya dapat hidup secara layak dan normal sebagaimana kehidupan masyarakat umumnya. Kata kunci : Anak Jalanan, Perlindungan, Pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2021
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:47
Last Modified: 19 Oct 2021 04:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53202

Actions (login required)

View Item View Item