PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS ESAI ARGUMENTASI MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS

Daniel Rifai M. Rumabutar, NPM : 198090005 (2021) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS ESAI ARGUMENTASI MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ARTTIKEL_DANIEL.docx

Download (48kB)

Abstract

Menulis sangat penting bagi pendidikan karena memudahkan para pelajar berpikir dan dapat menolong seseorang berpikir secara kritis. Lemahnya daya kritis-kreatif (maha) pembelajar Indonesia dalam kompetensi menulis khususnya menulis teks esai argumentasi. Tujuan penelitian ini adalah: (a) menganalisis kemampuan peserta didik dalam menulis teks esai argumentasi yang menggunakan model problem based learning; (b) menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model problem based learning; (c) menganalisis pengaruh kemampuan peserta didik dalam menulis teks esai argumentasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan mix method. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menulis teks esai argumentasi berdampak terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Terbukti dari hasil prates rata-rata peserta didik kelas eksperimen memperoleh 40,3, sementara perolehan rata-rata nilai pascates kelas eksperimen memperoleh 83,6 yang menunjukkan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata prates berpikir kritis peserta didik yaitu 55,4, sementara nilai rata-rata pascates 82,1, juga menunjukkan kenaikan. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Esai Argumentasi, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:47
Last Modified: 18 Oct 2021 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53181

Actions (login required)

View Item View Item