ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DALAM IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

RISYA FADILAH, 175050031 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DALAM IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
RISYA_ABSTRAK INDO.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RISYA_ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RISYA_ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RISYA_BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RISYA_BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
RISYA_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
RISYA_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
RISYA_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
RISYA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan salah satu kemampuan siswa yang menggunakan otak dalam berpikir, dimana berpikir kritis ini mengaktifkan kemampuan siswa dalam melakukan analisis dan evaluasi informasi yang diterima dalam kehidupan sehari-hari. Selain kemampuan berpikir kritis matematis, motivasi belajar juga penting dimiliki oleh siswa. Motivasi belajar tinggi berpengaruh terhadap kemampuan kognitif yang dimiliki siswa. Dengan motivasi belajar tinggi, siswa mempunyai kengininan untuk mencapai tujuan dengan mengikuti dan menuntaskan pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar siswa SMA yaitu mengimplementasikan model problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA yang pembelajarannya menerapkan model problem based learning; (2) motivasi belajar siswa SMA yang pembelajarannya menerapkan model problem based learning; (3) hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah induktif, interpretatif dan historis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer dan data sekunder terkait kemampuan berpikir kritis matematis masing-masing sebanyak 16 artikel dan 12 artikel. Data primer dan data sekunder terkait motivasi belajar masing-masing sebanyak 15 artikel dan 8 artikel. Data primer dan data sekunder terkait hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar masing-masing sebanyak 16 artikel dan 15 artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA meningkat dalam implementasi model problem based learning; (2) motivasi belajar siswa SMA meningkat dalam implementasi model problem based learning; (3) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan motivasi belajar siswa SMA dalam implementasi model problem based learning yang positif. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Motivasi Belajar, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:39
Last Modified: 18 Oct 2021 04:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53172

Actions (login required)

View Item View Item