ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

NURMALA INDAH SEPTIANY, 175050010 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
NURMALA_ABSTRAK INDO.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURMALA_ABSTRACT ING.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURMALA_ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURMALA_BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURMALA_BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
NURMALA_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
NURMALA_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
NURMALA_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
NURMALA_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Fakta dalam literatur menunjukkan bahwa masih banyak siswa mengalami kesulitan pada saat proses pemecahan masalah dan masih kurangnya self-efficacy siswa, sehingga menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan self-efficacy siswa rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yaitu mengimplementasikan model Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam implementasi model PBL; (2) menganalisis self-efficacy siswa sekolah menengah dalam implementasi model PBL; (3) menganalisis hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self–efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research). Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy, dan model Problem Based Learning yang berasal dari artikel jurnal nasional dan internasional yang bereputasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam implementasi model PBL berada pada kategori baik. Indikator peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang paling unggul pada siswa SMP dan SMA yaitu indikator memahami masalah, merencanakan masalah dan menyelesaikan masalah; (2) self-efficacy siswa dalam implementasi model PBL pada umumnya berada pada kategori sedang. Indikator peningkatan self-efficacy siswa yang paling unggul yaitu indikator generality dan strengthi; (3) tidak terdapat hubungan yang positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan selfefficacy siswa dalam implementasi model PBL. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-efficacy, Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:22
Last Modified: 21 Oct 2021 02:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53162

Actions (login required)

View Item View Item