EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN WHATSAPP GROUP PADA SISWA KELAS IV SECARA DARING DI SEKOLAH DASAR

TITIS PRAKETISIWI, 175060168 (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN WHATSAPP GROUP PADA SISWA KELAS IV SECARA DARING DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Nanjung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Efektivitas pembelajaran merupakan suatu upaya yang sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa tetapi juga pada proses pembelajaran, proses pembelajaran yang efektif jika proses pembelajaran dan hasil yang diperoleh tercapai. Di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi di indonesia membuat proses belajar mengajar di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi yang saat ini ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika menggunakan WhatsApp Group pada siswa kelas IV di sekolah dasar. Hasil penelitian berdasarkan obeservasi dan angket menujukkan bahwa guru sangat efektif menggunakan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran seperti, memberikan materi pembelajaran berupa gambar, video dan soft file. Pengumpulan tugas dapat berupa foto atau dengan mengisi soft file. Semua aktivitas utama pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan media WhatsApp Group. Kemampuan berhitung siswa kelas IV di sekolah dasar masih kurang. Sehingga siswa harus berlatih lagi dalam berhitung dengan mengulang perkalian 1-10. Sebagian besar siswa tidak antusias terhadap pembelajaran matematika. Di SDN Nanjung sudah melakukan pembelajaran tatap muka, sehingga setiap hari nya siswa maju ke depan kelas untuk menyetorkan hafalan perkalian. Dengan demikian efektivitas pembelajaran matematika menggunakan WhatsApp Group sudah efektif di kelas IV SDN Nanjung Kec. Ciwidey. Kata kunci : Efektivitas, WhatsApp Group

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Oct 2021 07:44
Last Modified: 16 Oct 2021 07:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53152

Actions (login required)

View Item View Item