ANALISIS PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka)

TIYA NUR ZANAH, 175060121 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk dapat berkomunikasi dengan baik ketika berhadapan dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji studi literatur mengenai konsep keterampilan berbicara dan metode bermain peran serta penggunaan metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini didasarkan kepada kondisi peserta didik yang kesulitan dalam pemilihan kata sehingga tidak dapat menyampaikan pendapatnya dan memilih untuk diam serta cenderung pasif ketika pembelajaran sedang berlangsung. Selain itu sebagian peserta didik memiliki kekurangan dalam penggunaan lafal serta intonasi yang mengakibatkan ketika membacakan suatu cerita akan terdengar monoton. Hal ini disebabkan karena adanya sugesti yang terbentuk dalam diri peserta didik bahwa ketika akan bertanya ataupun menyampaikan pendapatnya pemilihan kata haruslah tepat jika tidak ingin diejek oleh temannya, sehingga terbentuk rasa takut dan keterampilan berbicara yang dimiliki peserta didik tergolong rendah. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik, guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif ketika pembelajaran dan salah satunya yaitu metode bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan studi pustaka. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengkaji berbagai artikel penelitian terdahulu untuk mencapai suatu kesimpulan yang berkaitan dengan rumusan masalah dari penelitian ini. Melalui hasil analisis dari penelitian terdahulu, penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik secara signifikan dengan persentase sebesar 85%. Karena ketika menggunakan metode bermain peran, keaktifan peserta didik dalam pembelajaran meningkat serta peserta didik lebih banyak melakukan diskusi dengan teman sebayanya untuk memecahkan suatu masalah. Sehingga peserta didik dilatih untuk dapat menyampaikan gagasannya dan dapat tampil dengan percaya diri di depan kelas yang membuat keterampilan berbicara peserta didik meningkat. Kata kunci: metode bermain peran, keterampilan berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Oct 2021 06:57
Last Modified: 16 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53148

Actions (login required)

View Item View Item