PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Survey Pada Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SD Laboratorium Percontohan UPI Bandung Tahun Ajaran 2020/2021)

RIFKADIANI EKA SAFITRI, 175060139 (2021) PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Survey Pada Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SD Laboratorium Percontohan UPI Bandung Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstract.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Abstrak Sunda.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
18. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
20. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img]
Preview
Text
21. Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas V SD Laboratorium UPI Bandung tahun ajaran 2020/2021 dengan menggunakan elearning berbasis google classroom. Metode penelitian yang digunakan ini yaitu metode survey dan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket atau kuisioner dengan sampel berjumlah 84 peserta didik. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah IBM SPSS Statistics Version 26.0. Hipotesis pada penelitian ini berbunyi “terdapat pengaruh penggunaan e-learning berbasis google classroom dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik”. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan e-learning berbasis google classroom dinilai cukup memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan melihat hasil perhitungan pada koefisien determinasi (R square) sebesar 0,531 atau 53,1%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan Y maka digunakan analisis regresi linear sederhana dengan hasil perhitungan Y = 6,669 + 0,778 X yang berarti penggunaan e-learning berbasis google classroom (variabel X) meningkat 1 poin maka akan menyebabkan kecenderungan peningkatan hasil belajar (variabel Y) sebesar 0,531. Kesimpulan hipotesis penelitian ialah terbukti, karena terdapat pengaruh pada variabel X terhadap Variabel Y. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: a) bagi guru, diharapkan dapat memberikan masukan untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik dalam kegiatan belejar mengajar, b) bagi peserta didik, diharapkan mampu mengetahui dan memanfaatkan dengan tepat penggunaan e-learning berbasis google classroom, c) bagi sekolah, penggunaan e-learning berbasis google classroom dapat digunakan dalam belajar mengajar dan dapat dijadikan bahan pertimbangan kebijakan sekolah, dan d) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk mengkaji lebih dalam lagi referensi yang berkaitan dan lebih mempersiapkan diri dalam proses pengambilan dan pengumpulan data dan segala sesuatu sehingga penelitian dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci: E-Learning, Google Classroom, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Oct 2021 05:45
Last Modified: 16 Oct 2021 05:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53144

Actions (login required)

View Item View Item