ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur)

Nita Aprilya Manullang, 175060164 (2021) ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Analisis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model discovery learning berbasis higher order thinking skills (HOTS). Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian terdahulu, permasalahan yang terjadi didasari kurangnya pembaruan dalam model pembelajaran. Sehingga hasil belajar peserta didik masih rendah, cara berpikir masih terpusat dan cenderung menjadi seorang penghafal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif sehingga menghasilkan data dalam bentuk deskripsi. Jenis penelitian yang digunakan dalam analisis ini adalah studi literatur atau lebih dikenal dengan riset kepustakaan (library research), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan pengumpulan data pustaka dengan membaca, menelaah, mengidentifikasi, mencatat, serta mengolah bahan penelitian yang bersumber dari buku, jurnal, artikel dan dokumen-dokumen tertulis yang relevan lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu editing, organizing, dan finding. Dianalisis dengan menggunakan analisis data deduktif dan induktif. Hasil analisis yang telah dilakukan membuktikan bahwa penggunaan model discovery learning berbasi HOTS memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Pembelajaran menggunakan model ini pun memberikan dampak pengiring, diantarannya: peserta didik menjadi bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik mampu terbiasa berpikir secara divergen dan kemampuan bekomunikasi serta bekolaborasi lebih berkembang. Kata Kunci: discovery learning, higher order thinking skills, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Oct 2021 04:44
Last Modified: 16 Oct 2021 04:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53142

Actions (login required)

View Item View Item