IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH BERKEMBANGNYA PAHAM RADIKALISME DI KALANGAN PESERTA DIDIK

Dadang, mulyana and Cahyono and Lili, Sukarliana and Eri, Munggaran (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH BERKEMBANGNYA PAHAM RADIKALISME DI KALANGAN PESERTA DIDIK. ISSN 2580-0086

[img]
Preview
Text
Publish 2021.cek.turnitin.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https//www.atlantis-press.com/proceeding/aces-19/1...

Abstract

Penelitian ini di lakukan oleh peneliti untuk menetahui seberapa pentingkah implementasi pendidikan multikultural dalam mencegah berkembangnya paham radikalisme dikalangan peserta didik melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Sebagai dampak dari berkembanya paham radikalisme membuat kurangnya rasa toleransi terhadap sesama yang mengakibatkan lunturnya rasa persatuan dan kesatuan diantara peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode studi kasus, dengan menggunakan pendekaatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan ialah melalui wawancara dan studi literatur. Subjek dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik di SMK Pasundan 4 Kota Bandung. Responden dalam penelitian ini ialah perwakilan peserta didik kelas XI sebanyak 11 orang. Melalui kegitan wawancara dengan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan perwakilan peserta didik. Hasilnya diketahui bahwa proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan mengimplementasikan pendidikan multikultural membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif sehingga dapat Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2019
Depositing User: Kosim Ganda Rukmana
Date Deposited: 16 Oct 2021 01:56
Last Modified: 11 Nov 2021 10:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53134

Actions (login required)

View Item View Item