ANALISIS SEMIOTIKA KENAKALAN REMAJA MURID SMA PADA DRAMA KOREA “EXTRACURRICULAR”

Octa Haerawati Nur Fauziah, 172050234 (2021) ANALISIS SEMIOTIKA KENAKALAN REMAJA MURID SMA PADA DRAMA KOREA “EXTRACURRICULAR”. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Tiga Bahasa.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA KENAKALAN REMAJA MURID SMA PADA DRAMA KOREA “EXTRACURRICULAR”, penelitian ini dilakukan untuk mencari makna dan tanda yang bisa dimaknai dalam memahami kehidupan yang ada. Drama Korea bukan hanya sekedar hiburan namun tersirat sebuah pesan yang ingin disampaikan dengan menggambarkan suatu keadaan yang terjadi dalam kehidupan. Karena dalam setiap Drama Korea memiliki pesan dan tujuan tersendiri yang ingin disampaikan pada khalayak mengenai suatu kehidupan, seperti Drama Korea Extracurricular yang ingin menyampaikan pesan melalui jalan cerita didalamnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mencari tanda-tanda dengan menggunakan teori semiotika Charles Sander Pierce yang teorinya mengenai representament atau tanda (sign), objek dan interpretant yang ada di dalam drama korea Extracurricular. Serta mencari tahu mengenai drama korea Extracurricular yang dapat membentuk pandangan dan pola pikir yang menonton mengenai adanya realitas sosial di dalam drama tersebut. Menggunakan metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini untuk melakukan penelitian secara mendalam karena metode penelitian kualtitaf digunakan untuk meneliti suatu masalah yang belum jelas dan mencarinya melalui makna-makna yang dipahami dan makna yang tampak. Dengan menggunakan teori semiotika Charles Sander Pierce untuk menganalisis makna yang terkandung di dalam setiap adegan drama korea Extracurricular serta menggunakan konstruksi realitas sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman untuk mencari realitas yang terdapat di dalam drama. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, bisa ditarik kesimpulan bahwa drama korea Extracurricular memiliki makna-makna representament, objek, dan interpretant pada setiap adegan yang ada didalamnya. Serta Exracurricular menggambarkan kondisi dari murid SMA yang menjadi pelaku prostitusi online yang begitu dalam sesuai realitas sosial dikehidupan masyarakat dan dalam Extracurricular terdapat pesan moral bagi masyarakat mengenai kenakalan remaja murid SMA yang sudah berbahaya. Adapun yang ingin peneliti sampaikan sebagai masukan dari penelitian ini adalah untuk bisa menciptakan suatu drama yang memiliki pesan moral didalamnya dengan berkualitas untuk menarik perhatian penonton dan masukan suatu pesan moral dalam drama tersebut agar yang menonton tidak hanya menonton tapi mempelajari apa pesan dari drama. Serta untuk orang tua agar bisa melindungi anak-anaknya yang masuk tahap remaja dan mengawasinya agar tidak masuk ke dalam dunia luar yang berbahaya. Kata kunci: Semiotika, Drama Korea Extracurricular, Prostitusi Online.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Oct 2021 06:44
Last Modified: 15 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53132

Actions (login required)

View Item View Item