Nurshopia Agustina, NPM. 178090014 (2019) KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA TERHADAP NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL BIDADARI UNTUK DEWA KARYA ASMA NADIA SERTA KESESUAIANNYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA TINGKAT SMA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
COVER.docx Download (75kB) |
|
Text
COVER.docx Download (75kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB I FIKS.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB II FIKS.docx Download (79kB) |
|
Text
BAB III FIKS.docx Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
BAB IV FIKS pisan (AutoRecovered).docx Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
BAB V FIKS.docx Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
Abstract
Agustina, Nurshopia 2019. Kajian Psikologi Sastra terhadap Nilai-Nilai Religius dalam Novel Bidadari untuk Dewa Karya Asma Nadia serta Kesesuaiannya dengan Tuntutan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Pada Tingkat SMA. Tesis pada Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Dr. Hj. R Panca Pertiwi Hidayati, M. Pd, (II) Dr. H. Dadang Mulyana, M. Si. Kata kunci: Kajian psikologi sastra, novel, unsur intrinsik, struktur kepribadian, nilai religius, bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia, (b) mendeskripsikan struktur kepribadian psikologis tokoh dan penokohan dalam novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia, (c) mendeskripsikan nilai religius yang terkandung dalam unsur intrinsik novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia berdasarkan kajian psikologi sastra, (d) mendeskripsikan kesesuaian hasil kajian psikologi sastra terhadap novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia dengan tuntutan bahan ajar bahasa Indonesia pada tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi yang diuji kebahasannya melalui triangulasi penyidik ahli (expert judgment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) alur novel memperlihatkan pola pengembangan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab akibat melalui tahapan pengenalan situasi cerita, pengungkapan peristiwa, menuju konflik, puncak konflik, dan penyelesaian. Tahapan tersebut terbagi kedalam 43 bagian cerita (episode). Alur disusun memenuhi kaidah kemasukakalan dan rasa ingin tahu (suspense). Secara keseluruhan, alur novel menggunakan alur mundur; 2) terdapat 39 tokoh cerita dengan Dewa dan Haura sebagai tokoh utama; 3) Latar tempat, waktu, dan suasana menunjukkan peristiwa dalam cerita; 4) Amanat novel adalah harus berani menghadapi masalah yang sedang dihadapi; 5) Tema utama novel adalah tema pendidikan, percintaan, inspiratif, religius, persahabatan dan ; 8) Setelah ditelaah kelayakannya berdasarkan pertimbangan aspek bahasa, pertimbangan aspek kurikulum, dan penilaian dari penilai ahli (exspert judgment), dapat dinyatakan bahwa novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia sesuai atau layak digunakan sebagai materi bahan ajar apresiasi sastra sesuai tuntutan Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia di SMA. .
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2018 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 03:27 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 03:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53118 |
Actions (login required)
View Item |