ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Literatur)

NENG SRI MULYATI, 175060066 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTAK BHS INDONESIA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTAK BHS INGGRIS.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS SUNDA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Hal ini ditandai saat proses pembelajaran berlangsung, kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika, model yang digunakan guru masih kurang tepat dalam pembelajaran dan motivasi belajar siswa kurang. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika dapat dilihat dari proses pembelajaran peneliti menganalisis tentang penggunaan model Project Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model PjBL terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi pustaka (studi literatur). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis beberapa jurnal artikel, baik jurnal nasional maupun internasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan editing, organizing, dan finding. Analisis data yang digunakan yaitu data deduktif. Penelitian ini menganalisis data dengan cara menggabungkan, mengembangkan, dan menyimpulkan teori tentang penggunaan model Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Konsep model pembelajaran project based learning atau disingkat PjBL yaitu model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dan juga menuntut siswa menyelesaikan sebuah proyek. Penerapan model pembelajaran PjBL siswa dapat bekerja secara kelompok maupun individu. Hasil belajar matematika yaitu hasil belajar matematika yang didapat melalui aktivitas belajar siswa akan menghasilkan kemampuan-kemampuan, pengalaman, serta pengetahuan peserta didik. Melalui hasil belajar tersebut siswa diharapkan mampu untuk menemukan hubungan antara materi pembelajaran dan lingkungan atau situasi kerja nyata. Hasil belajar memiliki tiga indikator, yaitu ranah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotor (keterampilan). Model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Melalui model ini pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik dan siswa merespon secara posistif setiap aktivitas dalam pembelajaran. Peningkatan dan pengaruh model PjBL terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar dapat dilihat dari beberapa hasil penelitian terdahulu yang penulis analisis. Kata kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:48
Last Modified: 13 Oct 2021 03:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53080

Actions (login required)

View Item View Item