ANALISIS KEMAMPUAN GURU PADA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka/Penelitian Studi Literatur)

Susilawati, Susilawati (2021) ANALISIS KEMAMPUAN GURU PADA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka/Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER-dikonversi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS-dikonversi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA-dikonversi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-dikonversi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Analisis penelitian ini dilatar belakangi oleh pademi covid 19 yang melanda berbagai negara termasuk di negara kita Indonesia dimana pademi covid 19 selain berdampak pada bidang kesehatan, ekonomi juga berdampak pada dunia pendidikan, proses pendidikan sebelum dilakukan secara tatap muka karena pademi yang terjadi proses pendidikan tersebut tidak dapat dilakukan karena beresiko terpapar virus sehingga menuntut pendidik untuk berinovasi agar kegiatan pembelajar tetap bisa dilakukan meskipun dalam kondisi pademi yaitu dengan melakukan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) sehingga mengurangi resiko terpapar virus. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk menganalisis kemampuan guru pada teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar Metode penelitian didalam analisis penelitian ini adalah Deduktif dan Induktif dan teknik pengumpulan data menggunakan Editing, Tabulating, Recontrukting dan Sistematizing. Dengan menelaah penelitian terdahulu melalui jurnal nasional, artikel dan buku-buku mengenai bagaimana penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada sekolah dasar dan bagaimana pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi tersebut terhadap prestasi belajar siswa juga mengukur kemampuan guru dalam menggunakan teknologi tersebut. Menurut hasil penelitian beberapa jurnal terlebih terdahulu menunjukan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada sekolah dasar sangat berpengaruh untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah tersebut juga menunjang hasil belajar siswa menjadi lebih maksimal namun harus ditunjang dengan kemampuan seorang guru / pendidik yang mahir dalam pengunaan teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan peserta didik secara mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif dan bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi tersebut. Penggunaan ilmu teknologi sangatlah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dimana teknologi memudahkan siswa memperoleh informasi, mempermudah dalam pengumpulan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan juga teknologi informasi dan komunikasi mempermudah siswa dalam memahami proses pembelajaran. Selain dari pada itu kemampuan guru dalam mengajar juga sangat berpengaruh untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Kata kunci : Kompetensi Guru, TIK, dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:45
Last Modified: 12 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53068

Actions (login required)

View Item View Item