Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa SMP Dalam Implementasi Model Reciprocal Teaching

YUNITA, SYLVIA (2021) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa SMP Dalam Implementasi Model Reciprocal Teaching. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar Pengasahan.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Karena komunikasi matematis merupakan alat untuk mengomunikasikan ide maupun gagasan secara jelas dan tepat. Self-Regulated Learning juga penting dimiliki siswa untuk mengontrol dan mengevaluasi aktivitas belajar. Namun kenyataannya kemampuan komunikasi matematis dan Self-Regulated Learning siswa cenderung masih rendah. salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Regulated Learning yaitu dengan menerapkan modelReciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa SMP melalui model Reciprocal Teaching; (2) Self-Regulated Learning siswa SMP melalui model Reciprocal Teaching; (3) Korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan SelfRegulated Learning siswa SMP dalam implementasi model Reciprocal Teaching. Metodeyangdigunakanadalah deskriftif kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model Reciproal Teaching mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Siswa yang memiliki kemampuan yang tinggi, mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis melalui Model Reciprocal Teaching. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan yang kurang atau rendah, siswa tersebut tidak mampu memenuhi semua indikator komunikasi matematis atau hanya mampu memenuhi satu atau dua indikator; (2) Self-Regulated Learning siswa SMP meningkat melalui Model Reciprocal Teaching.Siswa mampu mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dengan menerapkan strategi pemahaman diri dalam proses pembelajaran model Reciprocal Teaching; (3) Korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan SelfRegulated Learning dalam implementasi model Reciprocal Teaching dikategoikan baik. Hal ini diartikan bahwa melalui strategi yang diterapkan oleh model Reciprocal Teaching mengakibatkan korelasi yang positif dilihat darisemakin tinggi kemampuan komunikasi matematis siswa, semakin tinggi jugaSelf-Regulated Learning yang dimilikinya, begitupun sebaliknya. Kata Kunci: Komunikasi matematis, Self-Regulated Learning, Model Reciprocal Teaching.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:13
Last Modified: 12 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53065

Actions (login required)

View Item View Item