PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTUTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022 di SMA Pasundan 3 Bandung)

RINI ROSITA, 175020087 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTUTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survei Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022 di SMA Pasundan 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER_RINI ROSITA_175020087.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK_RINIROSITA_175020087.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT_RINIROSITA_175020087.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN_RINIROSITA_175020087.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I_RINIROSITA_175020087.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II_RINIROSITA_175020087.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III_RINIROSITA_175020087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
18. BAB IV_RINIROSITA_175020087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA_RINIROSITA_175020087.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
19. BAB V_RINIROSITA_175020087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) gambaran umum kemandirian belajar, manajemen waktu, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Pasundan 3 Bandung, (ii) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Pasundan 3 Bandung, (iii) pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Pasundan 3 Bandung, dan (iv) pengaruh kemandirian belajar dan manajemen waktu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Pasundan 3 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif serta teknik pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan: (i) kemandirian belajar siswa dikategorikan baik dengan bobot skor 3,93, manajemen waktu siswa dikategorikan baik dengan bobot skor 3,92, dan hasil belajar siswa dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata sebesar 81,6 pada mata pelajaran ekonomi materi konsep ilmu ekonomi kelas X IPS di SMA Pasundan 3 Bandung, (ii) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 44,1%, (iii) terdapat pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar siswa pada sebesar 31,3%, (iv) terdapat pengaruh kemandirian belajar dan manajemen waktu terhadap hasil belajar siswa sebesar 75,4%. Penulis menyampaikan saran kepada: (i) siswa, diharapkan mampu membiasakan untuk belajar secara mandiri dan mengelola waktu dengan baik, (ii) guru, diharapkan menciptakan Kegiatan Belajar Mengajar yang aktif serta memberikan pemahaman manajemen waktu, (iii) sekolah, diharapkan dapat mengontrol serta memperhatikan perkembangan proses pembelajaran, (iii) peneliti selanjutnya, diharapkan dapat dijadikan acuan sebagai salah satu sumber referensi penelitian yang serupa dengan mengkaji lebih dalam kembali. Kata kunci: Kemandirian belajar, manajemen waktu, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:40
Last Modified: 12 Oct 2021 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53058

Actions (login required)

View Item View Item