ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kualitatif dengan Teknik Studi Kepustakaan)

ZAHRA FAZA EFFENDI, 175060115 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kualitatif dengan Teknik Studi Kepustakaan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (419kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan di lapangan mengenai motivasi belajar siswa yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena sebagian guru kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran, masih menggunakan metode konvensional atau ceramah, siswa yang kurang memperhatian guru saat menjelaskan materi, dan kurangnya semangat siswa dalam pembelajaran. Sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswa rendah yang mengakibatkan rendahnya pula hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan library research atau studi kepustakaan. Hasil penelitian menyatakan bahwa media audio visual yaitu media yang menggabungkan dua unsur yaitu suara yang dapat didengar dan gambar yang dapat dilihat. Media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dilihat dari akumulasi data penelitian terdahulu dengan peningkatan terendah 25,38, tertinggi 79,84%, dan rata-rata peningkatan motivasi sebesar 50,05%. Oleh karena itu terdapat pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar, meskipun sebagain besar dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: media audio visual, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:46
Last Modified: 12 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53053

Actions (login required)

View Item View Item