PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA FILM PENDEK MELALUI MODA DARING MOODLE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Irlianda, Bella (2021) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA FILM PENDEK MELALUI MODA DARING MOODLE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text
10. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
11. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
12. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media film pendek untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: 1) Kemampuan penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis cerpen menggunakan media film pendek pada peserta didik kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung. 2) Kemampuan peserta didik kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung menulis cerpen menggunakan media film pendek. 3) Media film pendek efektif digunakan dalam pembelajaran cerita pendek pada kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung. 4) Terdapat perbedaan kemampuan peserta didik kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung dalam menulis cerpen dengan media film pendek dan media lagu. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah eksperimen dengan objek penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis dapat menyimpulkan: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media film dan media lagu. Hal ini didukung dengan nilai perencanaan pembelajaran dengan rata-rata 3.5 dan pelaksanaann 3.72 di kelas eksperimen dan di kelas kontrol memperoleh nilai perencanaan pembelajaran 3,33 dan nilai pelaksanaann pembelajaran 3,63. 2) Kemampuan peserta didik kelas XI SMA Pasundan 1 Bandung dalam menulis cerpen. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai prates 47,09 dan nilai pascates 84,13 di kelas eksperimen. Adanya perbedaan yang signifikan nilai prates dan pascates di kelas eksperimen. 3) Keefektivan media film pendek digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Hal tersebut terbukti dengan adanya uji Wilcoxon signed rank dengan nilai Asymp.Sig. (-2 tailed) menunjukkan 0,000 nilai 0,000 < 0,05, dapat dikatakan bahwa media film efektif dalam pembelajaran menulis cerpen. 4) Terdapat perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen dengan media film pendek dan media lagu. Hal ini terbukti dengan adanya uji NGain Score. Hasil uji NGain Score di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 67,983 dikategorikan cukup efektif sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata 36,2543 dikategorikan tidak efektif. Kata Kunci: Pembelajaran menulis cerita pendek, media film pendek, efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Oct 2021 02:29
Last Modified: 09 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52968

Actions (login required)

View Item View Item