ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ( Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka )

Meda Elena, Musilva (2021) ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ( Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pustaka tentang pengaruh penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu editing, organizing, finding. Teknik analisis data dilakukan secara deduktif dan interpretatif. Motivasi belajar merupakan sebuah dorongan, hasrat atau minat yang begitu besar di dalam diri, untuk mencapai suatu keinginan, cita-cita dan tujuan tertentu. Maka dari itu motivasi belajar peserta didik bias meningkat melalui adanya keterlibatan pada model pembelajaran, keterlibatan berarti anak ikut berperan secara aktif dalam mencapai tujuan pembelajaran dan dapat membantu peserta didik meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Salah satu model yang yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah model problem based learning. Model problem based learning dapat memberikan pandangan tentang berpikir kritis yaitu berpikir secara beralasan dan relatif dengan menekankan pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai dan dilakukan. Dalam pembelajaran menggunakan model problem based learning langkah-langkah yang digunakan yaitu dapat dimulai dengan menyiapkan logistic yang dibutuhkan lalu penyajikan topik atau masalah, dilanjutkan dengan peserta didik melalui diskusi dalam kelompok kecil, mencari solusi dari permasalahan dari berbagai sumber secara mandiri atau kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata motivasi belajar peserta didik meningkat dengan menggunakan model problem based learning karena guru memberikan masalah yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, sehingga motivasi belajar meningkat karena adanya aktivitas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari banyaknya teori yang mendukung model problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SD. Kata Kunci : Model problem based learning, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:27
Last Modified: 07 Oct 2021 06:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52966

Actions (login required)

View Item View Item