PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA DAMPAK TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Siti Syifa Fajar Tirta Lestari, NPM : 158060034 (2021) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA DAMPAK TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
cover tesis.docx

Download (69kB)
[img] Text
ABSTRAK tesis.docx

Download (13kB)
[img] Text
bab 1 tesis.docx

Download (26kB)
[img] Text
bab 2 tesis.docx

Download (40kB)
[img] Text
bab 3 tesis.docx
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
bab 4 tesis.docx
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
bab 5 tesis.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)

Abstract

SITI SYIFA FAJAR TIRTA L (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Serta Dampak Terhadap Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah serta dampak terhadap disposisi matematis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Desain pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasinya adalah seluruh kelas siswa XI AP SMKN 1 Sukalarang dan sampelnya digunakan adalah kelas XI AP 1 dan XI AP 2 SMKN 1 Sukalarang. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes tertulis yaitu tes pemahaman dan pemecahan masalah matematis. Tes pemahaman terdiri dari 5 butir soal dengan bentuk uraian. Sedangkan tes pemecahan masalah matematis terdiri dari 3 butir soal uraian. Instrumen non tes berupa skala disposisi matematis yang terdiri 40 item pernyataan, lembar observasi, dan wawancara. Data tes kemampuan pemahaman matematis dan pemecahan masalah siswa diperoleh dari pretes, postes, N_Gain, dan Korelasi baik kelas ekpserimen maupun kelas kontrol. Analisis secara kuantitatif dilakukan terhadap data tes pemahaman dan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan deskripsi data, analisis data dan pengujian hipotesis dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan siswa yang mendapat pembelajaran langsung, 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan siswa yang mendapat pembelajaran langsung, 3) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan saintifik lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, 4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan saintifik tidak lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, 5) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik jika di tinjau dari kriteria Kemampuan Awal Matematis (tinggi, sedang dan rendah), 6) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik jika di tinjau dari kriteria Kemampuan Awal Matematis (tinggi, sedang dan rendah), 7) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah pembelajaran saintifik, 8) Hasil analisis skala sikap matematis siswa secara disposisi matematis siswa secara umum menunjukkan bahwa disposisi matemtis pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Selain itu respon siswa dari kelompok eksperimen dan kontrol terhadap setiap item kemampuan disposisi matematis bernilai positif Kata kunci : pendekatan saintifik; kemampuan pemahaman; kemampuan pemecahan masalah; dan disposisi matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:21
Last Modified: 07 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52956

Actions (login required)

View Item View Item