STRATEGI PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KABUPATEN SUMEDANG (PUBLIC SERVICE STRATEGY OF ONE-DOOR JOINT INVESTMENT SERVICE IN SUMEDANG)

Muhammad Taufiq Hatta Wibowo, NPM : 198010009 (2021) STRATEGI PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KABUPATEN SUMEDANG (PUBLIC SERVICE STRATEGY OF ONE-DOOR JOINT INVESTMENT SERVICE IN SUMEDANG). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel muhammad Taufik Hatta.docx

Download (161kB)

Abstract

Strategi pelayanan publik dimaksudkan sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagai bagian dari agenda reformasi pelayanan publik. DPMPTSP sebagai leading sector perizinan dan pelayanan publik di daerah berdasarkan pengamatan awal, peneliti menemukan beberapa indikasi permasalahan, antara lain; Layanan yang menggunakan sistem online masih dalam tahap pengembangan, layanan masih belum optimal, sistem online yang digunakan sering down dan terindikasi hacker, keterbatasan anggaran/sumber keuangan terkait layanan, belum ada SOP yang jelas, kurangnya sosialisasi layanan mekanisme sehingga masyarakat masih bingung dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis strategi pelayanan publik pada Kantor Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan teori strategi pelayanan publik Amin (2008) diantaranya; Harga diri, Memenuhi harapan, Memperbaiki dan menemukan kembali hal-hal, Pandangan ke depan, Peningkatan berkelanjutan, Perhatian penuh, dan pemberdayaan. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi pelayanan publik di DPMPTSP Kabupaten Sumedang berdasarkan titik ordinat menempati kuadran I, sehingga dapat disimpulkan bahwa instansi memiliki peluang dan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Strategi ini harus ditentukan dalam kondisi ini untuk mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif atau ekspansif (Growth Oriented Strategy). Kata kunci: Strategi Pelayanan Publik, Manajemen Strategis, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:46
Last Modified: 05 Oct 2021 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52887

Actions (login required)

View Item View Item