ANALISIS MATA KULIAH PENDIDIKAN ANTI KORUPSI TERHADAP URGENSI PENCEGAHAN PERILAKU TINDAK KORUPSI KEPADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN)

AINUN HAYATUL FADILAH, SITI (2021) ANALISIS MATA KULIAH PENDIDIKAN ANTI KORUPSI TERHADAP URGENSI PENCEGAHAN PERILAKU TINDAK KORUPSI KEPADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan fix.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Korupsi dalam perspektif karakter merupakan suatu perilaku yang tercela dan berdampak pada penurunan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Korupsi perlu segara dicegah untuk menyebar pada generasi muda, salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan pengembangkan pendidikan anti korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi, desain, keterkaitan pendidikan anti korupsi dengan karakter anti korupsi, persepsi mahasiswa atas diselenggarakannya pendidikan anti korupsi maupun peran pendidikan anti korupsi dalam melakukan pencegahan. Penelitian ini menggunakan metode mix method yaitu menggabungkan penelitian kualitatif dengan kuantitatif, teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket di Universitas Pasundan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajarn anti korupsi dengan case method dan based projek, dengan membuat analisis kasus, poster, mini riset dan menanamkan diri sendiri juga mengajak orang lain untuk tidak melakukan tindakan korupsi. Keterkaitan pembentukan karakter dalam mata kuliah ini yaitu pembentukan sikap jujur atas apa yang mereka lakukan dimanapun kondisinya. Persepsi mahasiswa yang sebelumnya hanya mengetahui bahwa tindak korupsi hanya dilakukan oleh kalangan elit pemerintahan berubah karena siapapun dan dari tindakan sekecil apapun perilaku tidak jujur, tidak disiplin yang mengarah kepada tindak pidana korupsi itu tidak baik dan merugikan Secara kuantitatif, terdapat pengaruh peran pendidikan anti korupsi terhadap pencegahan tindakan korupsi yakni sebesar 90%, hal tersebut menandakan bahwa pendidikan anti korupsi sangat efektif dalam mencegah tindakan korupsi. Kata Kunci: Pendidikan Anti Korupsi; Karakter; Pencegahan Korupsi; Universitas Pasundan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2021 03:54
Last Modified: 02 Oct 2021 03:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52754

Actions (login required)

View Item View Item