PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Survei di kelas XI SMA Muhammadiyah Cileungsi)

Adriani Putri, Resi (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Survei di kelas XI SMA Muhammadiyah Cileungsi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Judul Skripsi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode Survei dengan Pendekatan Kuantitatif, subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Cileungsi dan objek dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Pengumpulan data dan instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini membagikan kuesioner kepada peserta didik yang dijadikan sebagai data konkret dan melakukan wawancara bersama pendidik mata pelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah Cileungsi, Adapun sampel sejumlah 132 siswa. Hasil penelitian mengatakan, Respon peserta didik menggunakan google clasroom dikategorikan baik, karena 66% peserta didik merespon bahwa mereka mengetahui google classroom dan 66% peserta didik mengetahui cara penggunaan google classroom. Penggunaan google classroom pada mata pelajaran PPKn memiliki kontribusi pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 0,602 atau 60,2%. Artinya hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Cileungsi menurun disebabkan oleh google classroom pada mata pelajaran PPKn sebesar 60,2% sedangkan sisanya yaitu 39,8 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dan efektivitas penggunaan google classroom terhadap hasil belajar peserta didik dikategorikan tidak baik, karena 40% peserta didik merespon bahwa penggunaan google classroom belum dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran PPKn, dan 50% peserta didik merespon bahwa mereka kurang memahami materi yang terdapat pada google classroom pada mata pelajaran PPKn. Artinya jika peserta didik belum memahami materi berarti belum efektifnya suatu pembelajaran sehingga terdapatnya pengaruh google classroom terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PPKn. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Google Classroom, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2021 03:33
Last Modified: 02 Oct 2021 03:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52749

Actions (login required)

View Item View Item