PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENUMBUHKAN BUDAYAGOTONG ROYONG MELALUI KEGIATAN JUMAT BERSIH (Studi Kasus di Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan)

FIRDHAN FATHURROHMAN, MUHAMMAD (2021) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENUMBUHKAN BUDAYAGOTONG ROYONG MELALUI KEGIATAN JUMAT BERSIH (Studi Kasus di Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Pemerintah Desa Dalam Menumbuhkan Budaya Gotong Royong Melalui Kegiatan Jumat Bersih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lunturnya budaya gotong royong di masyarakat seiring pesatnya perkembangan zaman, budaya individualisme telah bersarang di kehidupan masyarakat Desa Pangkalan, dimana dalam hal ini pemerintah desa memiliki peran penting untuk merevitalisasi semangat gotong royong masyarakatnya yang mulai menghilang. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, studi literatur, serta penyebaran angket kepada masyarakat Desa Pangkalan yang dijadikan sebagai data konkret dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kegiatan jumat bersih di desa pangkalan yang dipantau secara langsung oleh pemerintah desa bermanfaat untuk memberikan dorongan bagi warga Desa Pangkalan agar selalu kompak dalam bergotong royong yang disalurkan dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dimana dapat mempererat interaksi sosial dengan baik terhadap sesama serta memperkuat tali persaudaraan antar masyarakat. (2) Peranan pemerintah desa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap program desa khususnya dalam kegiatan jumsih ini sangatlah vital, sehingga pemerintah desa pangkalan memiliki cara khusus yaitu dengan melakukan pendekatan komunikasi persuasif kepada masyarakat sebagai upaya dalam memberikan pemahaman akan manfaat dan kegunaan dari program jumsih. (3) Untuk membangun budaya gotong royong di Desa Pangkalan, selain kegiatan jumat bersih, pemerintah desa juga memiliki program lainnya seperti program rutilahu dimana masyarakat begotong royong dalam merenovasi rumah warga yang kurang mampu, dan program penyemprotan cairan disinfektan di setiap area rumah-rumah warga, jalan atau pun rumah ibadah yang dilaksanakan secara bersama-sama antara perangkat desa dan partisipan dari sebagian masyarakat desa pangkalan, yang bertujuan selain untuk mencegah virus kegiatan ini juga dapat membagun budaya gotong royong masyarakat Desa Pangkalan yang menurun akibat pandemi ini. Kata Kunci: Pemerintah Desa, Budaya Gotong-Royong, Kegiatan Jumat Bersih

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2021 03:28
Last Modified: 02 Oct 2021 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52748

Actions (login required)

View Item View Item