ANALISIS LUNTURNYA MORAL BANGSA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BUDI PEKERTI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA (Studi Fenomenologi di Kampung Kosambi Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)

Wahyuni Rahayu, Sri (2021) ANALISIS LUNTURNYA MORAL BANGSA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BUDI PEKERTI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA (Studi Fenomenologi di Kampung Kosambi Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN..pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB II.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
FILE 9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
FILE 10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Analisis Lunturnya Moral Bangsa dalam Persfektif Pendidikan Budi Pekerti menurut Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh lunturnya nilai-nilai budi pekerti dan moral bangsa dalam masyarakat. dimana penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus-kasus atau tindakan yang menyimpang dari nilai-nilai budi pekerti sehingga berdampak kepada lunturnya moral, dimana aturan moral sendiri sering dilanggardan dianggap ketinggalan zaman, khususnya bagi remaja. Moral dan budi pekerti sendiri merupakan standar baik dan buruk bagi individu yang di dalamnya terdapat nilai-nilai akhlak, sosial, dan budaya sebagai anggota sosial. Ki Hadjar Dewantara juga menyatakan pendidikan akhlak budi pekerti yaitu mendukung tumbuh kembang kehidupan anak-anak, lahir, batin. dan dapat dimengerti menjadi usaha dalam membentuk meningkatan, mengembangkan, memeliharaan, dan memperbaiki seseorang terhadap kemampuan awal yang sebelumnya individu miliki agar dapat menjaga hidup, yang menuju pada tercapainya kebebasan lahir batin, sehingga mendapatkan keamanan dalam hidup lahiriah serta batiniah. tujuan budi pekerti menurut beliau yaitu mengutamakan kepada budi pekerti yang luhur dan tujuannya, ataupun tata laku seseorang yang dipertimbangkan oleh kepintaran intelektualnya. yang ditunjukan dengan banyaknya orang pintar namun tidak dilandasi dengan budi pekerti luhur oleh karenanya orang terkadang menggunakan kepintarannya untuk merugikan orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain study Fenomenologi yang mengambil lokasi di Kampung Kosambi Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Data yang diperoleh dan terkumpul kemudiandi analisis dengan data reduction (reduksi data), penyajian data , Penarikan Simpulan dan Verifikasi. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan dan dipahami bahwa faktor-faktor penyebab lunturnya moral dalam perspektif pendidikan budi pekerti Ki hadjar Derwantara adalah pola asuh , lingkungan dan perkembangan zaman. Kata kunci : Lunturnya Moral Budi Pekerti, Moral, Ki Hadjar Dewantara

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2021 03:03
Last Modified: 02 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52741

Actions (login required)

View Item View Item