EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Di SMPN 1 Balongan Indramayu)

Dwirizkinanti, Hanny (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Di SMPN 1 Balongan Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 LEMBAR BPENGESAHAN.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
FILE 9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
FILE 10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlandaskan kerangka berfikir bahwa, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang membentuk karakter peserta didik melalui proses pembelajaran di sekolah yang mengembangkan nilai-nilai karakter salah satunya disiplin belajar berdasarkan pendapat Erick, et al. (2016). proses pembelajaran dilakukan secara online karena pandemi covid-19, dengan menggunakan aplikasi Google Classroom untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui,efektivitas penggunaan google classroom pada pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuhkan disiplin belajar peserta didik di SMPN 1 Balongan. Berdasarkan teori dari Sabran dan Edy Sabara (2019) mengenai kefektifan google classroom sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, dengan jumlah 20 responden, yakni 2 guru dan 18 peserta didik, teknik analisis data yang digunakan berupa, reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) Perencanaan pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan Google Classroom dalam menumbuhkan disiplin peserta didik di SMPN 1 Balongan, menggunakan rencana pembelajaran daring yang cukup baik, (2) Penerapan perencanaan pembelajaran dinilai cukup efektif dalam menumbuhkan disiplin belajar, (3) Respon peserta didik dalam mengikuti pembelajaran cukup baik, (4) Efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom dinilai kurang efektif, (5) Kendala pada pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan menggunakan aplikasi Google Classroom dalam menumbuhkan disiplin belajar peserta didik di SMPN 1 Balongan yakni kondisi rumah dan rasa malas, serta sekolah melakukan home visit sebagai solusinya. Kata Kunci: Aplikasi Google Classroom, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Disiplin Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2021 02:57
Last Modified: 02 Oct 2021 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52740

Actions (login required)

View Item View Item