UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA ZOOM CLOUD MEETING PADA MATA PELAJARAN PPKN (Penelitian Survey di SMK Pasundan 2 Bandung)

Nadila, Rima (2021) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA ZOOM CLOUD MEETING PADA MATA PELAJARAN PPKN (Penelitian Survey di SMK Pasundan 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.1 ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.2 ABSTRACT.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesadaran peserta didik dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis ini pada pembelajaran daring melalui media zoom cloud meeting. Metode ini menggunakan metode survey dan penedektan deskriftif kuantitatif serta variabel independen analisis ini yaitu pembelajaran daring dengan menggunakan zoom cloud meeting dan variabel dependennya adalah berpikir kritis. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas XII TKJ A,B,C. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis asumsi klasik uji normalitas dan uji heterokedasitas dan untuk mengetahui variabel tersebut berpengaruh menggunakan uji regresi linear sederhana serta menggunakan statistik inferensial (uji-t) kemudian untuk mengetahui tingkatan persentase dari pengaruh variabel tersebut menggunakan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik dalam pembelajaran daring dengan menggunakan media zoom cloud meeting sangat kurang. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukan nilai t hitung = 7,380 > 1,98932 = t tabel Maka dari itu variabel pembelajaran daring dengan media zoom cloud meeting berpengaruh terhadap variabel dependen berpikir kritis. Maka dapat disimpulkan bahwasannya hanya 42% peserta didik dalam menerapkan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran daring, hal ini dikarenakan peserta didik kurang termotivasi dalam minat belajar. Sehingga pembelajaran daring ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Kata Kunci : Berpikir kritis, Pembelajaran daring, zoom cloud meeting, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2021 02:41
Last Modified: 02 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52734

Actions (login required)

View Item View Item