PERAN KEPALA DESA DALAM MEMBANGKITKAN PERSATUAN dan KESATUAN MASYARAKAT SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI GERAKAN SOSIAL “SERIBU RUPIAH UNTUK KEMANUSIAAN” (Studi Kasus di Desa Kebarepan Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon)

DICKY WILDAN ALIA, 175010011 (2021) PERAN KEPALA DESA DALAM MEMBANGKITKAN PERSATUAN dan KESATUAN MASYARAKAT SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI GERAKAN SOSIAL “SERIBU RUPIAH UNTUK KEMANUSIAAN” (Studi Kasus di Desa Kebarepan Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Mewabahnya virus Covid-19 yang merupakan varian baru dengan belum diketahui cara penangannya membuaat sendi-sendi kehidupan masyarakat berubah dan bahkan banyak terjadi permasalahan sosial dalam lingkungan masyarakat contonya yang terjadi didalam lingkungan masyarakat desa Kebarepan yaitu munculnya perpecahan dalam masyarakat, kecumburuan sosial dan sifat individual yang hal tersebut merupakan latar belakang permasalahan di dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala dalam membangkitkan persatuan dan kesatuan masyarakat dengan mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Pasal 14 Tahun 2005 tentang Tugas, Wewenang, Kewajiban dan Hak Kepala Desa. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif kombinasi kuantitatif dengan tetap pendekatan kualitatif sebagai primernya. Dengan pengumpulan data menggunakan kegiatan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala desa Kebarepan dan sampel dalam penelitian ini yaitu masyarakat di 5 RW desa Kebarepan dari total 9 RW. Melalui kegiatan wawancara dengan Kepala Desa Kebarepan, perwakilan masyarakat desa dan melihat hasil kuesioner, diketahui bahwa kepala desa sudah sangat berperan aktif dalam penanganan permaslahan terjadi yang sudah mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Pasal 14 Tahun 2005 tentang Tugas, Wewenang, Kewajiban dan Hak Kepala Desa sehingga bangkit kembali nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat melalui kegiatan gerakan sosial “Seribu Rupiah Untuk Kemanusiaan”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui peran kepala desa dalam kegiatan gerakan sosial “Seribu Rupiah Untuk Kemanusiaan” mampu membangkitkan persatuan dan kesatuan masyarakat selama masa pandemic Covid-19. Kata Kunci : Peran Kepala Desa, Persatuan dan Kesatuan, Pandemi Covid-19, Gerakan Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:42
Last Modified: 29 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52634

Actions (login required)

View Item View Item