PEMBELAJARAN MENULIS PUISI YANG BERFOKUS PADA STRUKTUR BATIN PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

Silvani Fadillah, 175030009 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI YANG BERFOKUS PADA STRUKTUR BATIN PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (INDONESIA).pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (INGGRIS).pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (SUNDA).pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian pembelajaran menulis puisi ini berawal dari masalah yang mengungkapkan bahwa peserta didik kesulitan dalam menuangkan ide serta gagasan menjadi sebuah teks tertulis yang berbentuk puisi dikarenakan kesulitan dalam menentukan tema puisi yang akan dibuat. Peserta didik belum mampu menulis puisi dengan memperhatikan struktur batin puisi seperti tema, rasa, nada, amanat. Pembelajaran menulis puisi kurang mencapai nilai yang maksimal baik dalam segi peminat dan hasil kegiatan belajar yang dilakukan dan pendidik kurang menggunakan pendekatan yang bervariatif sehingga pembelajaran yang di lakukan kurang efektif dan efesien. Tujuan penelitian penulis dilakukan untuk mengetahui kemampuan peneliti dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis puisi, mengetahui perbedaan dari hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menulis puisi yang berfokus pada struktur batin puisi pada tema, rasa, nada, amanat antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, mengetahui perbedaan peningkatan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran, dan mengetahui keefektifan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan menulis puisi peserta didik kelas eksperimen pembelajaran menulis puisi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan teknik studi pustaka, Teknik observasi, Teknik tes dan analisis data. Hasil penelitian yang didapatkan penulis yaitu sebagai berikut: (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi yang berfokus pada struktur batin puisi dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme (2) peserta didik mendapatkan nilai rata-rata pretest yang terbilang rendah pada kelas eksperimen yaitu 60,1 dan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest 5,1 (3) peserta didik mengalami peningkatan dari hasil rekapitulasi data dan uji hipotesis, dengan hasil v nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol yaitu 6,8 dan posttest pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 89,1 (4) pendekatan konstruktivisme efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi yang berfokus pada struktur batin puisi pada peserta didik kelas X SMA Pasundan 8 Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Hal itu dapat dibuktikan dengan uji statistik, diketahui Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti Ha diterima dan menunjukan pendekatan konstruktivisme efektif digunakan. Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Teks Puisi, Struktur Batin Puisi, Pendekatan Konstruktivisme.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:10
Last Modified: 20 Sep 2021 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52609

Actions (login required)

View Item View Item