PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI ALUR DAN PENOKOHAN DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA FILM PENDEK PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG

Novita Kurniasari, 175030015 (2021) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI ALUR DAN PENOKOHAN DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA FILM PENDEK PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN NOVITA.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media film pendek terhadap keterampilan menyimak siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung khususnya pada pembelajaran mengidentifikasi alur dan penokohan drama. Pada penelitian ini membahas mengenai siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran menyimak dikarenakan pendidik yang kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajran. Sehingga siswa merasa jenuh pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMA Pasundan 8 Bandung dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol siswa menggunakan naskah drama “Janji Senja” sedangkan kelas eksperimen siswa diberi perlakuan menggunakan media film pendek. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis. Bedasarkan penelitian dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa, peneliti mampu melaksanakan pembelajaran mengggunakan media film pendek dalam. Hal ini dapat diketahui dari hasil perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol mendapatkan nilai 3,3. Peserta didik mampu menyimak dengan baik pembelajaran mengidentifikasi alur dan penokohan drama menggunakan media film. Berdasarkan tabel Hasil Uji Paired Samples Test nilai pretest dan posttest kelas eksperimen Sig. (2- tailed sebanyak 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan media film pendek. Hasil tes statistik uji Independent Samples Test (Gain) bahwa Nilai pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen, nilai Sig (2-tailed) untuk pretest dan posttest kelas kontrol dan eksperimen yaitu 0.000 < 0,05 artinya Ha diterima. Kata kunci: media film pendek, keterampilan menyimak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:38
Last Modified: 20 Sep 2021 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52604

Actions (login required)

View Item View Item