ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS PIDATO PERSUASIF PADA BUKU KUMPULAN NASKAH PIDATO DAN MC KARYA SALEEM HARDJA SUMARNA SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IX

FEBRIANI, DINI (2021) ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS PIDATO PERSUASIF PADA BUKU KUMPULAN NASKAH PIDATO DAN MC KARYA SALEEM HARDJA SUMARNA SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IX. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover_Dini Febriani_175030003.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan_Dini Febriani_175030003.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Dini Febriani_175030003.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_Dini Febriani_175030003.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Dini Febriani_175030003.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB III_Dini Febriani_175030003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV_Dini Febriani_175030003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V_Dini Febriani_175030003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Teks pidato persuasif merupakan teks pidato yang disampaikan secara lisan untuk membujuk dan mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Menulis teks yang bersifat persuasif biasanya peserta didik akan mengungkapkan idenya kemudian menuliskannya dalam bentuk tulisan sesuai dengan pola pikir masing-masing. Ketika peserta didik berpikir mengenai teks pidato yang bersifat mengajak mereka akan membuat kalimat yang dapat mendorong pembaca atau pendengar untuk melakukannya. Bagian yang terkandung dalam teks pidato persuasif adalah struktur dan ciri kebahasaan. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakan struktur dan ciri kebahasaan yang terkandung dalam teks pidato persuasif dalam buku Kumpulan Naskah Pidato dan MC karya Saleem Hardja Sumarna yang dijadikan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas IX. Metode pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yang mencakup teknik analisis, dokumentasi dan studi pustaka. Penulis menggunakan sumber data 10 teks pidato persuasif dalam buku Kumpulan Naskah Pidato dan MC karya Saleem Hardja Sumarna. Hasil temuan menunjukkan bahwa 10 teks pidato persuasif mengandung 10 struktur yang didalamnya terdapat pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan dan mengandung 10 ciri kebahasaan yang di dalamnya terdapat ciri-ciri kebahasaan persuasif atau bujukan, kata penghubung argumentasi dan kata kerja imperatif. Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut, struktur dan ciri kebahasaan teks pidato persuasif yang telah dianalisis dapat digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini didukung oleh hasil validasi bahwa modul yang dijadikan sebagai bahan ajar layak dijadikan sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di kelas IX. Dinilai dari kesesuaian dengan tuntutan Kurikulum 2013 serta modul struktur dan ciri kebahasaan teks pidato persuasif yang dijadikan sebagai bahan ajar mempunyai skor rata-rata 4,7 dengan kategori “Sangat Baik”. Kata Kunci: kumpulan teks pidato persuasif dalam Kumpulan Naskah Pidato dan MC karya Saleem Hardja Sumarna, struktur dan ciri kebahasaan, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:32
Last Modified: 20 Sep 2021 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52600

Actions (login required)

View Item View Item