ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK DALAM KUMPULAN CERPEN KONVENSI KARYA A. MUSTOFA BISRI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PEMBELAJARN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA

DIBA HABIBA, 165030062 (2021) ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK DALAM KUMPULAN CERPEN KONVENSI KARYA A. MUSTOFA BISRI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PEMBELAJARN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan usnsur intrinsik dan ekstrinsik dalam kumpulan cerpen Konvensi Karya A. Mustofa Bisri sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitataif untuk mendeskripsikan data yang diperoleh dari kumpulan cerpen Konvensi dan informan yaitu guru SMA. Kumpulan cerpen tersebut terdiri dari lima belas cerpen dan diambil 7 cerpen yang berjudul: 1) Syabakhronni dan Kawan-kawan; 2) Rizal dan Mbah Hambali; 3) Suami; 4) Hilangnya Perangkat Desa; 5) Nyai Sobir; 6) Sang Primadona; 7) Di Jakarta. Ketujuh cerpen tersebut dalam penelitian ini dapat dijadikan pembelajaran sastra dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan analisis studi pustaka dan teknik analisis isi dokumen. Sumber uatama dalam data penelitian yaitu Kumpulan Cerpen Konvensi karya A. Mustofa Bisri. Sumber data skunder yaitu dari hasil wawancara kepada guru Bahasa Indonesia. Teknik Keabsahan data menggunakan triangulasi dan peningkatan ketekunan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa dalam kumpulan cerpen Konvensi Karya A. Mustofa Bisri dalam 7 cerpen yang dianalisis terdapat unsur intrinsik yang terdiri dari 8 tema, 31 tokoh dan penokohan, 23 alur atau plot, 19 latar/setting, 7 sudut pandang dan 7 amanat, dan terdapat 3 unsur ekstrinsik dalam kumpulan cerpen cerpen tersebut. Unsur intrinsik dan ekstrinsik yang ditemukan pada kumpulan cerpen Konvensi Karya A. Mustofa Bisri menunjukkan bahwa kumpulan cerpen tersebut dapat dijadikan alternatif pemilihan bahan ajar dalam pembelajaran sastra pada jenjang SMA kelas XI. Kata kunci: Kumpulan Cerpen Konvensi, Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Sep 2021 03:31
Last Modified: 18 Sep 2021 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52595

Actions (login required)

View Item View Item