PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTENDING CONCEPT THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES (ECOLA) PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA DARUN NASYA LEMBANG TAHUN AJARAN 2020/2021

HARI RAMDANI, 165030018 (2021) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA DAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXTENDING CONCEPT THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES (ECOLA) PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA DARUN NASYA LEMBANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menganalisis selalu berkaitan dengan keterampilan membaca. Keterampilan membaca menduduki posisi dan peran penting dalam kehidupan manusia. Selain menjadi peran penting dalam membaca terdapat permasalahan awal sulitnya memahami bacaan secara keseluruhan. Sehubungan dengan itu peneliti tertarik melakukan penelitian pembelajaran menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan dalam teks biografi dengan menggunakan metode Extending Concept Through Language Activities (ECOLA) pada siswa kelas X SMA Darun Nasya Lembang. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Peneliti mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan dalam teks biografi dengan menggunakan metode ECOLA pada peserta didik SMA Darun Nasya Lembang. Hal tersebut dapat dibuktikan oleh skor yang telah diperoleh dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,4 dengan kategori baik (B). 2) Hasil rata-rata nilai pretes dari kelas eksperimen sebesar 21,66, sedangkan hasil pretes kelas kontrol sebesar 9,84. Hasil postes kelas eksperimen 74,13, sedangkan hasil postes kelas kontrol 41,53. Dapat disimpulkan bahwa hasil nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan metode (ECOLA) lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan dalam teks biografi menggunakan metode (ECOLA) lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. 4) Pengujian keefektifan metode pembelajaran menganalisis aspek makna dan kaidah kebahasaan dalam teks biografi menggunakan metode ECOLA Dalam pengujian ini peneliti menggunakan uji Mann-Whitney (Gain). dapat dilihat hasil dari asymp sig (2- tailed) 0,000. Ketika hasil uji mann-whitney lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis dapat diterima. 0,000 < dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa metode ECOLA efektif digunakan untuk pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran, menganalisis, aspek, makna, dan, kaidah, kebahasaan, dalam, teks, biografi, Extending Concept Through Language Activities.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Sep 2021 03:13
Last Modified: 18 Sep 2021 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52594

Actions (login required)

View Item View Item