ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM TEKS ANEKDOT HASIL KARYA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

MINGGA RATIH, 175030033 (2021) ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM TEKS ANEKDOT HASIL KARYA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN MINGGA-175030033.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah menganalisis kesalahan ejaan dalam teks anekdot hasil karya siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan ejaan dalam teks anekdot hasil karya siswa kelasX SMA Pasundan 8 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa teks hasil karya siswa. Kesalahan kalimat di analisis berdasarkan kesalahan ejaan menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam teks anekdot karya siswa kelas X SMA Pasundan 8 Bandung terdapat lima jenis kesalahan ejaan. Kesalahan ejaan meliputi, 23% pemakaian huruf kapital dengan jumlah kesalahan 135, 1,5% pemakaian huruf miring dengan jumlah kesalahan 9, 20% penulisan kata dengan jumlah kesalahan 120, 54% pemakaian tanda baca dengan jumlah kesalahan 318 dan 0,34% kesalahan penulisan unsur serapan dengan jumlah kesalahan 2. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesalahan ejaan masih terjadi cukup banyak terutama dalam penulisan tanda baca. Oleh karena itu, penelitimemberikan saran kepada guru bahasa Indonesia dan peneliti lain, yakni agar gurubahasa Indonesia dapat memberikan lebih banyak latihan menulis, agar siswa lebihmemahami mengenai penggunaan ejaan. Hasil penelitian ini, diharapkan memberikan inspirasi bagi peneliti selanjutnya apabila memiliki keterkaitan dengan kesalahan ejaan dan fokus yang berbeda. Dengan demikian, hasil penelitiannya dapat memperkuat penelitian ini. Kata kunci: Analisis, ejaan, teks anekdot

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Sep 2021 02:53
Last Modified: 18 Sep 2021 02:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52592

Actions (login required)

View Item View Item