MODEL IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN BANK SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT DI KOTA BEKASI MELALUI PENDEKATAN MENTALITY, SYSTEMS, AND NETWORKING

Sugiono, NPM. 169020012 (2021) MODEL IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN BANK SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT DI KOTA BEKASI MELALUI PENDEKATAN MENTALITY, SYSTEMS, AND NETWORKING. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Sugiono_DIS copy.doc

Download (90kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah model implementasi kebijakan pengelolaan Bank Sampah berbasis masyarakat di Kota Bekasi belum berjalan dengan efektif sehingga belum sepenuhnya mampu mendukung pengelolaan sampah secara optimal. Tujuan penelitian yaitu menganalisis model implementasi kebijakan pengelolaan Bank Sampah dianalisis berdasarkan tiga faktor yaitu pendekatan mentalitas (mentality), sistem (systems) dan jejaring /kerjasama (networking) (MSN) serta menganalisis strategi implementasi kebijakan pengelolaan Bank Sampah berbasis masyarakat di Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dekriptif analisis dengan jenis penelitiannya adalah kualitatif. Metode kualitatif dipilih dengan pertimbangan bahwa metode ini diharapkan dapat diperoleh data yang sebenar-benarnya dan mampu mengkaji masalah penelitian secara mendalam sehingga dapat diperoleh hasil yang diharapkan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa model implementasi kebijakan pengelolaan Bank Sampah berdasarkan faktor pendekatan mentalitas (mentality), sistem (systems) dan jejaring /kerjasama (networking) dalam pengelolaan Bank Sampah berbasis masyarakat di Kota Bekasi belum cukup berjalan dengan efektif. Namun demikian jumlah riil anggota masyarakat yang memanfaatkan fasilitas pengurangan sampah (Bank Sampah) belum memenuhi SPM jumlah masyarakat pengguna fasilitas pengurangan sampah. Hal ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat untuk menjadi nasabah Bank Sampah masih rendah. Rendahnya partisipasi masyarakat ini juga menunjukkan bahwa kesadaran dan perilaku masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah masih rendah. Model implementasi kebijakan pengelolaan Bank Sampah berbasis masyarakat yang sesuai dengan kondisi di Kota Bekasi yaitu dengan adanya dukungan pihak pemerintah daerah serta adanya pemanfaatan dana CSR, agar implementasi kebijakan pengelolaan Bank Sampah berbasis masyarakat di Kota Bekasi efektif, beberapa prioritas masalah yang dapat segera ditangani adalah sebagai berikut : 1). Meningkatkan kegiatan internal bank sampah untuk mengakomodir perubahan perilaku masyarakat terhadap sampah. 2). Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan SDM dengan memanfaatkan program training dari pihak luar/ketiga. 3). Mempeluas jaringan hubungan (networking) untuk menjangkau pangsa pasar industri kreatif yang lebih besar. 4). Konsistensi dari pemilik bank sampah dalam menjalankan kegiatannya. 5). Meningkatkan penggunaan IT untuk kegiatan pemasaran/ promosi produk industri kreatif. 6). Menjalakan misi edukasi dengan memberikan pelatihan dan pendampingan tentang pengelolaan sampah kepada masyarakat, dan 7). Menjaga kolaborasi dengan pihak luar, khususnya dalam penyelenggaraan pelatihan dan pendampingan yang dapat mengasah ketrampilan dan kreativitas SDM. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pendekatan Mentalitas (Mentality), Sistem (Systems) dan Jejaring, (Networking)

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:49
Last Modified: 16 Sep 2021 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52584

Actions (login required)

View Item View Item