PERTANGGUNGJAWABAN PT HOW ARE YOU INDONESIA ATAS TINDAKAN PENCEMARAN LIMBAH TEKSTIL DI LINGKUNGAN MASYARAKAT CIMAHI DIKAITKAN DENGAN UNDANG – UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

Muhammad Pasya Syahidumajid, 171000171 (2021) PERTANGGUNGJAWABAN PT HOW ARE YOU INDONESIA ATAS TINDAKAN PENCEMARAN LIMBAH TEKSTIL DI LINGKUNGAN MASYARAKAT CIMAHI DIKAITKAN DENGAN UNDANG – UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
01 Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat diatur dalam Undangundang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28 H, serta undangundang yang mendukung yaitu Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam kehidupan masyarakat terdapat pencemaran lingkungan yang menyebabkan terganggunya ekosistem dan lingkungan hidup. Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi menemukan adanya pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT. How Are you Indonesia. Adapun permasalahan yang dikemukan dalam skripsi ini bagaimana dampak pencemaran lingkungan hidup atas tindakan pencemaran yang dilakukan oleh PT. How Are you Indonesia menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, bagaimana pertanggungjawaban PT. How Are you Indonesia atas tindakan pencemaran lingkungan hidup menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan bagaimana upaya penyelesaian kasus pencemaran lingkungan menurut UndangUndang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode spesifikasi penelitian yang bersifat deskriptif analitis, peneliti juga menggunakan jenis metode pendekatan yuridis normatif, tahap penelitian yaitu dengan cara penelitian kepustakaan dengan bahan hukum primer, sekunder dan tersier, serta penelitian lapangan, peneliti juga menggunakan tehnik pengumpulan data secara studi kepustakaan dan studi lapangan, alat pengumpulan data studi dokumen dan wawancara, analisis data menggunakan metode yuridis kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa PT. How Are you Indonesia telah melakukan pencemaran air dan ekosistem sungai cihujung-citarum atas perbuatannya dan juga mengganggu bau udara yang dikarenakan pembuangan limbah melalui pipa bawah tanah langsung ke tempat pembuangan sampah sehingga mencemari daerah sekitar pembuangan sampah tersebut dan PT. How Are You Indonesia bertanggung jawab mutlak atas pencemaran limbah B3 serta upaya penyelesaian perkara ini melalui litigasi gugatan antara Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan melawan PT. How Are You Indonesia dengan nomor perkara 735/Pdt.G-LH/2018/PN.Jkt.Utr. Kata Kunci : Pencemaran Lingkungan, Perusahaan, Perusakan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2021
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:28
Last Modified: 14 Sep 2021 05:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52573

Actions (login required)

View Item View Item