PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA KARYAWAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI INSTALASI REKAM MEDIS RUMAH SAKIT AL-ISLAM KOTA BANDUNG)

Farida Aryany, NPM. 178020127 (2021) PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA KARYAWAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI INSTALASI REKAM MEDIS RUMAH SAKIT AL-ISLAM KOTA BANDUNG). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Farida Aryany_MM copy.doc

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internal marketing terhadap kepuasan kerja dan implikasinya pada kinerja karyawan pada masa pandemi Covid-19 (studi instalasi rekam medis Rumah Sakit Al-Islam Kota Bandung). Hasil penelitian ini diharapkan dapat masukan yang berguna untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan Rumah Sakit Al-Islam Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan observasi. Analisis verifikatif yang digunakan yaitu jalur analisis (path analysis). Pengumpulan data dilakukan bulan Juli-September 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden mengenai internal marketing, kepuasan kerja dan kinerja karyawan diinterpretasikan dalam kriteria cukup dan baik. Terdapat pengaruh signifikan variabel internal marketing terhadap kepuasan kerja dengan pengaruh sebesar 62,2%. Terdapat pengaruh signifikan variabel internal marketing dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan pengaruh sebesar 69,90%. Pengaruh internal marketing terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja adalah sebesar 74,1%. Keberhasilan sebuah organisasi tentu tidak hanya melibatkan para karyawan yang diharuskan melayani pelanggan dengan baik, namun peran organisasi terkait juga penting. Bukan hanya melihat bagaimana para pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh karyawan, namun juga memposisikan para karyawan penyedia layanan sebagai para pelanggan internal yang harus diperhatikan kepuasannya dalam bekerja di organisasi terkait. Kata kunci: internal marketing; kepuasan kerja; kinerja karyawan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:33
Last Modified: 09 Sep 2021 02:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52512

Actions (login required)

View Item View Item