BERLIANA ALVIONITA PRATIWI, 175030010 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL MENGGUNAKAN MEDIA FILM ANIMASI MELALUI MODA DARING ZOOM MEETING PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI_175030010_BERLIANA.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_175030010_BERLIANA.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_175030010_BERLIANA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT_175030010_BERLIANA.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_175030010_BERLIANA.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_175030010_BERLIANA.pdf Download (537kB) | Preview |
|
Text
BAB III_175030010_BERLIANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
||
Text
BAB IV_175030010_BERLIANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V_175030010_BERLIANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_175030010_BERLIANA.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam keterampilan menulis terutama pada teks fabel. Rendahnya kemampuan ini disebabkan karena kurangnya pendidik dalam memanfaatkan teknologi saat proses pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga perlu media yang menarik untuk peserta didik mengembangkan ide dan gagasannya menggunakan media film animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi terhadap pembelajaran menulis teks fabel dengan menggunakan media film animasi; mengetahui kemampuan peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menulis teks fabel menggunakan media film animasi dibandingkan kelas kontrol menggunakan media gambar; mengetahui keefektifan media film animasi yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks fabel dibandingkan dengan media gambar; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menulis teks fabel menggunakan media film animasi dibandingkan kelas kontrol menggunakan media gambar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,3 berkategori baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,4 berkategori baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata hasil pretes 37,25 > 22,50 dan rata-rata hasil postes 91,00 > 77,75. Media film animasi efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan media gambar pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasi 0,000. Apabila nilai sig 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa media film animasi efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks fabel melalui moda daring zoom meeting. Kata Kunci: Menulis, teks fabel, media film animasi, dan Zoom Meeting
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 04:27 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 04:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52503 |
Actions (login required)
View Item |