HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA PADA KANTOR BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

Anwar, NPM. 178010025 (2021) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA PADA KANTOR BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Anwar_Mia.doc

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan tentang hubungan pelaksanaan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka di Badan Perpustakaan dan Kearsipan daerah Provinsi Jawa Barat, permasalahannya berhubungan dengan indikator teknis dan administratif serta penyediaan informasi. Masih kurangnya informasi dan belum sederhananya teknis dan administratif. Data, Informasi dan observasi di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat ini, terlihat dari data dan hasil observasi lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan, mengembangkan, dan menerapkan data dan informasi mengenai kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, sedangkan kegunaan dari penelitian yaitu agar dapat memberikan masukan bagi Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan penelitian adalah deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, observasi, wawancara, dan angket yang disebarkan kepada 100 responden pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka belum sepenuhnya dilaksanakan berdasarkan faktor-faktor kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pemustaka Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, yaitu diantaranya kurangnya kesesuaian pelaksanaan dengan standariasi pelyanan. Kesimpulan yang dapat disampaikan dalam kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemustaka yaitu Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat belum sepenuhnya menerapkan faktor – faktor kualitas pelayanan sehingga kurangnya kepuasan pemustaka. Dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh sedang terhadap kepuasan pemustaka, berdasarkan hasil statistik tingkat kekuatan hubunganya sebesar 43,8%. Saran-saran yang dapat peneliti berikan pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, Memberikan informasi yang aktual dan faktual pada para pemustaka, baik di papan pengumuman informasi atau pun website. Meningkatkan kedisplinan pustakawan yang belum displin dalam melayani pemustaka dalam kegiatan kepustakaan. Melengkapi dan meningkatkan kualitas buku yang tersedia. Mempermudah prosedur dan teknis administratif pada para pemustaka melalui pendekatan digital. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pemustaka

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:33
Last Modified: 07 Sep 2021 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52501

Actions (login required)

View Item View Item