Dhini Ardianti, S.Sos, M. I.Kom, Dhini Ardianti and Winne Wardiani, S.S, M.Si, Winne Wardiani and Trias Pyrenia Iskandar, Trias Pyrenia Iskandar (2018) PENGGUNAAN CAPTION BERBAHASA INGGRIS DI INSTAGRAMSEBAGAI BUDAYA POPULER. MENUJU INDONESIA DIGITAL Komunikasi, Digitalisasi dan Masa Depan Industri Kreatif. pp. 69-80.
|
Image
WhatsApp Image 2021-08-26 at 12.04.47.jpeg Download (146kB) | Preview |
|
|
Image
WhatsApp Image 2021-08-26 at 12.04.47 (1).jpeg Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
NASKAH MENUJU INDONESIA DIGITAL_wine.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BU ELLY-CAPTION B.INGGRIS.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
PAK DEDEN-CAPTION B.INGGRIS.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
12. PR Bookchapter Commits.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi internet memunculkan media-media sosial didalamnya, dimana semua orang dapat saling berinteraksi dan berbagi informasi satu sama lain tanpa mengenal jarak dan waktu. Karakteristik media sosial yang bersifat maya sering menghasilkan fenomena-fenomena yang booming, baik dikalangan pengguna media sosial itu sendiri maupun khalayak luas. Salah satunya adalah penggunaan caption berbahasa inggris yang merupakan suatu budaya pop dimana menjamurnya media online yang bisa memunculkan budaya baru. Budaya popular merupakan sikap dan perilaku dimana seseorang dapat bertindak, membentuk, dan mengontrol perilaku itu sendiri. Penelitian ini berfokus pada perilaku pengguna caption berbahasa inggris di Instagram. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif, bermaksud menggambarkan perilaku pengguna caption berbahasa inggris di Instagram sebagai budaya popular. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pengguna Instagram seringkali menggunakan caption berbahasa inggris untuk menjelaskan gambar atau foto yang pengguna unggah kedalam akun pribadinya. Penggunaannya sesuai dengan latar belakang dan kebutuhan yang berbeda-beda sesuai dengan perilaku pengguna baik yang beralasan maupun tindakan terencana. Kesimpulan menunjukan bahwa penggunaan caption berbahasa Inggris di Instagram telah membentuk sebuah budaya populer, yang kemudian budaya populer tersebut membentuk suatu perilaku para pengguna Instagram untuk menulis caption berbahasa Inggris. Penggunaan caption berbahasa Inggris ini menjadi sebuah media pembelajaran bahasa Inggris bagi para pengguna akun Instagram, mereka dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris mereka meskipun dengan caption yang pendek. Kata Kunci : Caption, Instagram, Budaya Populer
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | JOURNAL |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2021 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 05:25 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 06:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52457 |
Actions (login required)
View Item |