PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FABEL DENGAN MEDIA SLIDE SHOW DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MTs PAMEUNTASAN SOREANG KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2020

Rizal Murwanto, NPM : 208090022 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FABEL DENGAN MEDIA SLIDE SHOW DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MTs PAMEUNTASAN SOREANG KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2020. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Artikel Rizal Murwanto.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Murwanto, Rizal. 2021. Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fabel dengan Media Slide Show dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik MTs Pameuntasan Soreang Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2020/2021. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd., pembimbing (II) Dr. H. Kunkun K. Harnadi, M.Pd. . Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok yaitu kemampuan peserta didik dalam menulis teks sangat rendah hal ini terlihat dari hasil KKM < 70, dan rendahnya daya pemahaman guru mengenai media pembelajaran yang kurang sesuai dengan situasi, kondisi sekolah, dan materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan menggunakan tipe Embedded Design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian Pretest-Postest Control Group. Pretest- Postest Control Group yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest pada 64 responden yaitu 32 kelompok eksperimen dan 32 lagi kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan menulis teks cerita fabel yang memperoleh media slide show dengan kemampuan peserta didik yang memperoleh pembelajaran menggunakan media komik, terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memperoleh media slide show lebih baik daripada kemampuan peserta didik yag memperoleh pembelajaran menggunakan media komik, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif peserta didik terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel setelah menggunakan media slide show, sehingga hipotesis teruji kebenarannya. Berdasarkan data angket, observasi, dan wawancara yang dilakukanpeserta didik memberikan respon yang positif, antusias, aktif, dan krestif mengikuti pembeljaran. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fabel dengan Media Slide Show dan Dampaknya terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Kata Kunci : slide show, Kemampuan menulis, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:48
Last Modified: 18 Aug 2021 04:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52414

Actions (login required)

View Item View Item