PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ENTREPRENEURSHIP MELALUI MEDIA APLIKASI ANDROID

Ani Setiani, Setiani (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ENTREPRENEURSHIP MELALUI MEDIA APLIKASI ANDROID.

[img]
Preview
Text
15. PENGEMBANGAN-BAHAN-AJAR-BERBASIS-ENTREPRENEURSHIP-MELALUI-MEDIA-APLIKASI-ANDROID (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Revolusi indutri 4.0 yang mengendepankan teknologi cyber physical systems perlu dilakukannya perhatian yang terfokus pada pendidikan yaitu dengan meningkatkan kualitas pembelajaran, hal ini dicanangkan melalui pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan sampai tahun 2030(Sustainable Development Goal/SDGs Education 2030). Kesiapan dalam mengahadapi revolusiindutri 4.0 dalam pendidikan masih terkendala diantaranya yaitu cara mengajar guru yang belumefektif dimana pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan pemahaman guru terhadaptugas keprofesiannya masih belum optimal. revolusi digital akan merubah pendidikan dengan perubahan aktivitas pembelajaran dengan terapan teknologi dan tujuan dari sebuah teknologi adalah dapat mewujudukan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran. Yang harus diperhatikan dalam aktivitas pembelajaran yaitu guru sebagai tenaga profesional yang mampu menyesusaikan keprofesiannya dengan dinamika perubahan yang begitu cepat sehingga dibutuhkannya guru yang ber entrepreneur mampu berinovasi dan kreatif dalam aktivitasnya. Karya bagi calon guru entrepreneur yaitu dengan mengembangkan perangkat pembelajaran diantaranya berupa bahan ajar yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan nilai tambah sehingga memiliki daya tarik terhadap siswa karena siswa saat ini terbiasa dengan daya tarik dan perubahan yang cepat. Perangkat pembelajaran bahan ajar merupakan instrument yang guru kembangkan untuk mencapai tujuan belajar. Pengembangan perangkat pembelajaran bahan ajar ini di kemas melalui pengembangan bahan ajar berbasis entrepreneurship melalui terapan aplikasi android. Berdasarkan hasil penelitian pada penerapan bahan ajar berbasis entrepreneurship melalui terapan aplikasi android hasil rata-rata tiap butir pernyataan adalah 4,43 dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan tujuan penelitian diantaranya yaitu untuk memvalidasi instrument focus group discussion (FGD), melaksankan FGD dengan dosen dan mahasiswa, membuat rekomendasi dari hasil FGD, membuat instrument evaluasi, melakukan Uji coba di kalangan terbatas yaitu Dosen dan Mahasiswa, melakukan refleksi terhadap uji coba. Penelitian menggunakan Penelitian Pengembangan (Research and Development) yang disajikan secara deskriptif. Penelitian ini dikerjakan dalam empat tahap, yaitu: (1) Studi dokumenter terkait dengan berbagai perangkat pembelajaran (2) Mengembangkan istrumen penelitian berdasarkan analisis kebutuhan (need assesment) untuk pengembangkan model entrepreneurship, (3) Melakukan penjaringan data dan informasi berdasarkan instrumen yang dikembangkan melalui studi kepustakaan, angket, kuesioner, wawancara dan Focus Group Discussion (FGD) dari berbagai pihak terkait, 4) Melakukan pengolahan, penafsiran dan pembahasan serta penarikan kesimpulan, saran dan rekomendasi atas temuan yang berhasil di dapat. Berdasarkan tahapan penelitian, maka luaran penelitian yang ditargetkan yaitu bahan ajar melalui terapan aplikasi android. Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) penelitian yang diusulkan berupa validasi komponen/subsistem dalam suatu lingkumgan yang relevan (TKT 5)

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Kosim Ganda Rukmana
Date Deposited: 08 Aug 2021 05:58
Last Modified: 08 Aug 2021 05:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52379

Actions (login required)

View Item View Item