Model Enterpreneurship bagi Calon Guru Berbasis Praktik Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional

Ani Setiani, Setiani (2021) Model Enterpreneurship bagi Calon Guru Berbasis Praktik Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional.

[img]
Preview
Text
16. laporan_akhir_Dra__ANI_SETIANI_M_Pd 2018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Revolusi indutri 4.0 yang mengendepankan teknologi cyber physical systems perlu dilakukannya perhatian yang terfokus pada pendidikan yaitu dengan meningkatkan kualitas pembelajaran, hal ini dicanangkan melalui pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan sampai tahun 2030 (Sustainable Development Goal/SDGs Education 2030). Kesiapan dalam mengahadapi revolusi indutri 4.0 dalam pendidikan masih terkendala diantaraya yaitu cara mengajar guru yang belum efektif dimana pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan pemahaman guru terhadap tugas keprofesiannya masih belum optimal. Gencarnya pembangunan jaringan serat optik sebagai tulang punggung koneksi internet di seluruh penjuru negeri, untuk revolusi digital akan merubah pendidikan dengan perubahan aktivitas pembelajaran berbasiskan teknologi dan persaingan harus adanya penyesuaian yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam proses belajar mengajar (PBM) yaitu dengan guru membuat perangkat pembelajaran berbasis entrepreneurship dalam praktik pembelajaran. Mengembangkan perangkat pembelaran dilakukan melalui focus group discussion (FGD) dan uji coba. FGD dengan dosen pembelajaran menghasilkan konsep berdasarkan rekomendasi dari dosen pembelajaran di lingkungan FKIP Univesitas Pasundan. Diantarnya Kurikulum 2013 revisi 2017 dalam pembelajaran berbasis entrepreneurship, bahan ajar dalam pembelajaran berbasis entrepreneurship, media pembelajaran dalam pembelajaran berbasis entrepreneurship, perangkat pembelajaran berbasis model entrepreneurship dalam praktik pembelajaran. Praktik pembelajaran merupakan tindakan sistematis dari konsep yang telah dibangun. Model pembelajaran entrepreneurship berbasis praktik pembelajaran menggunakan metode pembelajaran ICARE, yaitu: (1) Introduction (pengenalan), (2) Connect (menghubungkan), (3) Apply (menerapakan dan mempraktikan), (4) Reflect (merefleksikan), (5) Extend (memperluas dan evaluasi). Berdasarkan table di atas, pertanyaan 1 yaitu mengenai tingkat kebermanfaatan materi pelatihan bagi saudara yang akan melaksanakan Magang 3, rata-rata responden menjawab sangat bermanfaat dengan nilai 4. Uji coba yang pertama ini dilakukan melalui pendampingan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan magang 3 yaitu melaksanakan pengajaran di sekolah yang didampingi oleh guru pamong. Uji coba 1 yang dilaukan dengan pelatihan ini menggunakan metode ICARE. Luaran penelitian pada tahun kedua yaitu melakukan Focus Gorup Discussion (FGD), Uji Coba dari hasil FGD, mengevaluasi dan mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan rekomendasi dari FGD yang di FGD kan kembali serta dilakukan uji coba yang kedua serta Publikasi Internasional. Untuk laporan tengah tahun pada tahun ke dua masih berupa draf untuk buku dan submit untuk jurnal internasional, submit untu menjadin pemakalah di seminar internasional Universitas Pakuan Bogor. Pada tahun ke tiga akan dilakukannya FGD teknis praktik pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi professional guru, Ujicoba Model entrepreneurship berbasis pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi profesional guru, FGD Evaluasi Ujicoba praktik Model entrepreneurship berbasis praktik pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi profesional guru, Penerapan di sekolah dalam kegiatan magang 3 (mahasiswa, guru, dan dosen), Buku Model entrepreneurship berbasis praktik pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi profesional guru (teori, desain dan praktek).

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Kosim Ganda Rukmana
Date Deposited: 08 Aug 2021 05:36
Last Modified: 08 Aug 2021 05:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52375

Actions (login required)

View Item View Item