Ani Setiani, Setiani (2021) Evaluasi Rancangan Model dan Instrumen Model Entrepreneurship Berbasis Praktik Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional.
|
Text
17. Evaluasi-Rancangan-Model-dan-Instrumen-Model-Entrepreneurship-Berbasis-Praktik-Oleh-Ani-Setiani-Afief-Maula-Novendra.pdf Download (830kB) | Preview |
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis validitas rancangan model entrepreneurship berbasis praktik pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi professional, 2) untuk menganalisis validitas instrumen model entrepreneurship berbasis praktik pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi professional, 3) Gambaran sikap entrepreneurship mahasiswa prodi pendidikan ekonomi FKIP Unpas. manfaat penelitian, di antaranya adalah memberikan kontribusi kepada lembaga dalam meningkatkan kualitas pendidikan, yang dapat dijadikan sebagai masukan untuk upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan budaya akademik yang tinggi pada LPTK di lingkungan kota bandung dengan memanfaatkan pembelajaran entrepreneurship berbasis praktik pembelajaran. Penelitian yang dilakukan pada tahap pendahuluan yaitu melakukan validitas instrumen model entrepreneurship berbasis praktik pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi professional dengan menggunakan uji validitas konstruk (construct validity) dengan menggunakan pendapat para ahli (expert judgment). Teknik analisis dilakukan dengan menganalisis data yang dihasilkan dari kuesioner menggunakan teknik analisis deskriptif. hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas rancangan model entrepreneurship berbasis praktik pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi professional semua indikator dalam instrumen adalah valid untuk 0,05. hal ini terlihat dari tanda * dan ** yang memperlihatkan tingkat signifikansi. Ditinjau dari kriteria tingkat reliabilitas dinyatakan bahwa instrumen pengumpul data memiliki tingkat reliabilitas tinggi untuk data instrumen model entrepreneurship, sedangkan untuk rancangan model entrepreneurship memiliki tingkat reliabilitas sangat tinggi. (2) instrument Model Enterpreneurship bagi Calon Guru Berbasis Praktik Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional sudah valid. Maka instrument Model Enterpreneurship bagi Calon Guru Berbasis Praktik Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional ini dapat digunakan untuk mengambil data penelitian. (3) sikap entrepreneurship mahasiswa FKIP Universitas Pasundan, hasilnya yakni dengan rata-rata skor 3,45 dan berada pada kategori Baik. Kesimpulannya ialah, rancangan model dan instrumen model entrepreneurship berbasis praktik pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi professional adalah valid dan reliabel.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Kosim Ganda Rukmana |
Date Deposited: | 08 Aug 2021 05:30 |
Last Modified: | 08 Aug 2021 05:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52374 |
Actions (login required)
View Item |