MODEL ENTRE PRENEURSHIP

Ani Setiani, Setiani MODEL ENTRE PRENEURSHIP. ISSN 978-623-7111-30-6

[img]
Preview
Text
19. Buku MODEL ENTRE PRENEURSHIP.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Buku “Model Entrepreneurship” ditulis berdasarkan roadmap penelitian penulis yang dikembangkan pada hibah penelitian strategis nasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2017-2019, dengan bidang fokus social humaniora, seni budaya, pendidikan desk study dalam negeri. Buku ini membahas tentang proses belajar mengajar secara teoritis dan praktis dengan dukungan melalui perencaan pembelajaran dari strategi belajar lesson study berupa chapter design dan lesson design serta praktik pembelajaaran yang baik dari USAID Prioritas dan penerapannya melaui metode ICARE untuk memberikan inisiasi bagi guru sekaligus sebagai penunjang guru profesional yang terus menghadapi dinamika perubahan yang cepat. Penyajian disusun secara sistematis dan beorientasi pada perubahan pola pikir dalam membuat perangkat pembelajaran dengan terapan aplikasi android. Pembahasan buku ini diawali dengan sajian materi pemahaman mendasar mengenai model pembelajaran yang selanjutnya membahas model pembelajaranentrepreneurship sebagai pembaharu dalam mengembagkan perangkat pembelajaran. Buku ini juga mebahas secara praktis mengenai perangkat pembelajaran yang di muat dalam praktik pembelajaran yang baik, dan memahami kurikulum sesuai dengan perkembangannya dengan memperhatikan perbedaan individu dalam pembelajaran yang di dukung oleh cara membuat pertanyaan dan Lembar Kerja yang efektif, sampai dengan penilaian autentik sebagai bentuk penilaian yang objektif selama siswa belajar. Buku ini juga menyajikan persiapan dalam praktik mengajar dan membuat renacan tindak lanjut serta akhir dari pembahasan mengkaji cara praktis menerapkan teknolgi dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan aplikasi android. Dimana perangkat pembelajaran yang telah disusun selajutnya di integrasikan ke aplikasi android. Guru harus mampu menciptkaan peluang dalam pembelajarannya yang dikemas melalui perangkat pembelajaran yang merupakan salah satu instrument atau alat untuk melaksanakan pendidikan, melalui pembelajaran yaitu dengan mengembangakan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan hal yang harusdipersiapkan oleh guru. Perangkat pembelajaran merupakan produk kreativitas guru untuk membentuk dan mengembangkan kreativitas berdasarkan potensi siswa. Dalam membuat perangkat pembelajaran guru harus mampu merumuskan kompetensi abad 21. Hal ini perlu dilakukan dan dikembangkan untuk ketersediaan dan kesiapan guru yang sudah memasuki era distruption. Peran dari guru dalam mengahdapi era tersebut yaitu membuat perencaan pembelajaran dengan model entrepreneurship, Perencanaan pembelajaran dengan model entrepreneurship memegang peranan yang sangat penting terutama untuk membuahkan keberhasilan secara lebih baik dalam menanggulangi segala perubahan teknologi, sosial, politik dan lingkungan secara efektif. Diharapkan hadirnya buku ini mampu menginisiasi guru dan calon guru (mahasiswa di lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan) untuk selalu berentrepreneur sebagai profesional. Kami menghaturkan terima kasih khususnya kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang telah membiayai penelitian ini, Universitas Pasundan Bandung dengan segenap kita bersamamengunggulkan institusi. SMA PAsundan 3 Bandung sebagai mitra penelitian yang telah memberikan fasilitas untuk melakukan ujicoba, serta kepda seluruh mahasiswa dilingkungan FKIP Universitas Pasundan Bandung, serta kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran penelitian dan penyusunan buku serta pembuatan aplikasi android Siangkat Learning (aplikasi perangkat pembelajaran)

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Kosim Ganda Rukmana
Date Deposited: 08 Aug 2021 04:03
Last Modified: 08 Aug 2021 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52365

Actions (login required)

View Item View Item