Setiani, Ani (2017) Identifikasi Sikap Entrepreneurship Mahasiswa FKIP Universitas Pasundan. Masa Depan Pendidikan IPA di Indonesia. ISSN 978-602-449-030-0
|
Text
Riview-5Ani.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Profesionalisme guru merupakan salah satu kompetensi guru yang harus dimiliki oleh calon guru. Banyaknya permasalahan dalam dunia pendidikan tidak terlepas dari guru yang harus melakukan pembelajaran yang menantang bagi peserta didik, dan mampu mengajarkan siswa bagaimana caranya belajar mengenal masalah dan menyelsaikan masalah sehingga siswa mampu bertahan hidup dan mewarnai kehidupannya. LPTK merupakan lembaga yang bertanggung jawab terhadap pembentukan dasar-dasar keguruan, kurikulum atau seperangkat pengajaran dosen di perkuliahan yang mengharuskan untuk meningkatkan pelatihan keguruannya dan memasukkannya dalam perkuliahan terhadap pemahaman jiwa dan mental entrepreneurship yang harus dimiliki bagi setiap calon guru. Untuk memecahkan masalah ini, peneliti mengajukan sebuah solusi berupa model entrepreneurship yang berbasis praktik pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi profesional calon guru di LPTK. Memberikan pelatihan praktik pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa di LPTK, dengan harapan dosen mampu memasukkan pemahaman jiwa dan metal entrepreneurship dalam setiap pembelajarannya, sehingga mahasiswa keguruan memiliki jiwa dan mental entrepreneurship dalam proses peningkatan profesionalime melalui praktik pembelajaran. Penelitian dilakukan melalui penelitian dengan rancangan penelitian dan pengembangan pendidikan (EducationalResearch and Development). Secara garis besar, penelitian akan berlangsung dalam kurun waktu tiga tahun. Berdasarkan hasil penelitian pada tahun pertama yaitu identifikasi sikap, minat, motivasi dan keterampilan dosen dan mahasiswa terhadap model entrepreneurship berbais praktik pembelajaran. Hasil penelitian pada tahun pertama yaitu mengidentifikasi sikap entrepreneurship pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan yang terdiri dari 24 item pernyataan. Berdasarkan paparan jawaban responden mengenai sikap entrepreneurship pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan di peroleh rata-rata jawaban responden sebesar 2,61 dengan cukup baik. Untuk pernyataan Mental dan jiwa yang mandiri dan kreatif dapat terjadi pada mahasiswa keguruan melalui kegiatan seperti workshop dan pelatihan perangkat pembelajaran belum optimal, dengan skor 1,53. Hal ini perlu keberlanjutan untuk dilakukannya pelatihan perangkat pembelajaran yang berbasis model entrepreneurship untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Kata kunci: Model entrepreneurship, praktik pembelajaran, kompetensi profesional
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | PROCEEDING |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Kosim Ganda Rukmana |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 16:51 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 11:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52316 |
Actions (login required)
View Item |