PERTANGGUNGJAWABAN PT. GRAB INDONESIA TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE ATAS PENARIKAN DANA MELALUI APLIKASI OVO UNTUK PEMBAYARAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS JUNCTO UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Desca Nadzifa Purnama, 161000061 (2020) PERTANGGUNGJAWABAN PT. GRAB INDONESIA TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE ATAS PENARIKAN DANA MELALUI APLIKASI OVO UNTUK PEMBAYARAN DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS JUNCTO UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
01-COVER.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08-DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09-BAB 1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10-BAB 2.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
11-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
12-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
13-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
14-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

iv ABSTRAK Transportasi online muncul di tengah kondisi sistem transportasi di Indonesia yang belum tertata dengan baik. Beberapa perusahaan besar berlomba untuk membentuk perusahaan transportasi berbasis aplikasi online, salah satunya adalah Grab. Dalam melaksanakan kegiatannya seringkali terdapat permasalahan dimana pihak Grab melakukan pemotongan dana melalui aplikasi OVO secara tiba-tiba dan tanpa persetujuan dari penggunanya. Aplikasi OVO sendiri adalah sejumlah uang atau dana berupa uang elektronik (e-money) yang dapat diakses melalui aplikasi OVO yang dapat digunakan berbagai macam transaksi keuangan, seperti pembayaran transportasi online Grab. Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1 ayat (1) dan (3) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas bahwa Perseroan merupakan badan hukum yang didalamnya melekat hak dan kewajiban terhadap hukum dan sebaik-baiknya Perseroan tersebut harus bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, komunitas setempat dan Perseroan itu sendiri. Dalam hal ini, Perusahaan Grab harus memberikan pelayanan yang nyaman bagi pengguna jasa Grab. Dalam penelitian ini akan memaparkan tanggung jawab PT. Grab terhadap pengguna jasa OVO Grab. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini dengan spesifikasi penelitian Deskriptif Analitis yakni dengan cara menganalisis informasi mengenai status gejala yang ada, yaitu gejala keadaan yang apa adanya pada saat penelitian dilakukan adapun dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan yuridis normatif yaitu menggunakan Peraturan Perundang-undangan yang dihubungkan dengan data Primer dan Sekunder yang berasal dari literatur hukum untuk membahas permasalahan hukum yang diajukan peneliti. Adapun hasil penelitian ini, Grab merupakan perusahaan berbadan hukum, Dalam hal ini, Perusahaan Grab harus memberikan pelayanan yang nyaman bagi pengguna jasa Grab. Selain itu, terdapat beberapa fakta bahwa pemenuhan hak konsumen atas keamanan dan kenyamanan layanan Grab masih lemah meskipun sudah di atur oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hal ini dapat dilihat dari kelemahan perlindungan terhadap konsumen seperti Driver mengambil saldo OVO yang tidak sesuai dengan yang tertera di aplikasi. Adapun dalam mengatasi permasalahan tersebut, upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen adalah melalui jalur litigasi maupun non litigasi atas perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh driver Grab dengan tujuan untuk meminta ganti kerugian atas saldo yang telah diambil sepihak oleh driver Grab. Kata Kunci: Transportasi Online, Perseroan Terbatas Grab, Kerugian Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2020
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 14 Jul 2021 01:59
Last Modified: 14 Jul 2021 01:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52221

Actions (login required)

View Item View Item