PENGKARYAAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BATIK BANTEN. FQ FUZIARTI :166010018

FQ FUZIARTI, Henry H. Loupias,. Drs. M.Sn dan Boy Irawan,. S.Sn (2021) PENGKARYAAN PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BATIK BANTEN. FQ FUZIARTI :166010018. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
RANCANGAN MEDIA PROMOSI BATIK BANTEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Banten memiliki corak dan motif batik yang berasal dari iluminasi ragam hias yang telah dikaji oleh Pemerintah Provinsi Banten dalam rangka menemukan kembali ornamen motif gerabah dan bangunan rumah adat di Banten. Sayangnya Batik Banten kalah pamor dengan batik lain karena kurangnya media promosi yang dibuat. Sehingga penulis menggambil tema penelitian tentang Perancangan Media Promosi Batik Banten dan metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi ke Sentra Industri dan Pelatihan Batik Banten, wawancara kepada beberapa pihak yang terkait dan melakukan kajian pustaka dari buku, jurnal, serta penelitian terdahulu. Fakta yang didapat dari lapangan ternyata Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kota Cilegon belum memiliki media promosi Batik Banten. Promosi batik Banten banyak menggunakan media cetak seperti baliho dan brosur. Batik Banten juga menggunakan media sosial seperti Instagram, namun pengikutnya kurang dari jumlah yang seharusnya. Padahal media promosinya dapat diperluas dengan menggunakan media informasi seperti website dan memanfaatkan pasar online, serta Rumah Kemasan di Kabupaten Pandeglang, Plaza Batik di Kabupaten Lebak, dan mall di sekitar Serang dan Kota Cilegon. Sumber Daya Manusia untuk pengelolaan Industri Batik Banten masih sangat terbatas dan belum dikembangkan integrasi dengan segmen pariwisata di Kabupaten Kota Provinsi Banten. Seperti outlet di kawasan pariwisata Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kota Cilegon. Pelatihan yang dilakukan oleh batik Banten hanya dilakukan pada pelajar di sekitar Kota Serang, sementara pengenalan motif kurang dikenal pelajar, mahasiswa, pegawai dan masyarakat di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kota Cilegon. Hasil akhir yang didapat dari penelitian ini yaitu dengan membuat media promosi di daerah Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, dan Kota Cilegon dengan menggunakan 11 media promosi yang terdiri dari media cetak dan media sosial. Kata Kunci: Batik Banten, Promosi, Media, Motif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2020
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:22
Last Modified: 23 Jun 2021 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52178

Actions (login required)

View Item View Item