PROSES LATIHAN SANGKURYOUNG BRASS BAND PADA KARYA CRAZY IN LOVE BEYONCE (Dipo Tenor Saxophone) VENNY RHEINA AGUSTINA:166040001

Venny Rheina Austina, R. Yeni Dewi Cahyani, S.S., M.Pd (2021) PROSES LATIHAN SANGKURYOUNG BRASS BAND PADA KARYA CRAZY IN LOVE BEYONCE (Dipo Tenor Saxophone) VENNY RHEINA AGUSTINA:166040001. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
SKRIPSI Venny Rheina A (cd).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Proses latihan Sangkuryoung Brass Band pada karya Crazy In Love Beyonce, kendala yang dihadapi oleh pemain Tenor Saxophone pada Karya Crazy In Love Beyonce dan mengetahui bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi oleh pemain Tenor Saxophone Sangkuryoung Brass Band pada Karya Crazy In Love Beyonce. Penelitian ini menggunakan pendekan kualitatif dengan pendekatan desktiptif. Dengan menggunakan tiga tahapan penelitian yaitu perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian dan penyusunan hasil penelitian dalam bentuk laporan. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah Muhammad Raafi Dipoaji yang merupakan personel dari Sangkuryoung Brass Band. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses latihan Sangkuryoung Brass Band diawali 4 (empat) latihan pemanasan dengan Long Note, Tri Angel, Artikulasi dan Finger Flexibel. Kemudian setelah melakukan pemanasan Sangkuryoung Brass Band memainkan Karya Crazy In Love. Namun terdapat beberapa kendala dalam karya Crazy In Love yaitu kesulitan pada intro ketika memainkan nada rendah, tempo yang agak cepat dan solo pada tenor saxophone. Dari proses pelatihan tersebut ditemukan cara untuk mengatasi kendala tersebut, yaitu dengan melakukan latihan persection dan latihan mandiri. Oleh karena itu saran dari peneliti Sangkuryoung Brass Band memerlukan latihan tambahan untuk menguasai karya Crazy In Love atau pada karya lainnya. Hasil dari penelitian ini untuk mengembangkan materi pembelajaran di sekolah atau kampus jurusan seni musik serta bisa diterapkan pada Brass Band, Orkestra atau kelompok�kelompok musik lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2021
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 02 Jun 2021 07:21
Last Modified: 09 Jun 2021 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52050

Actions (login required)

View Item View Item